Rumah Ketua DPRD Dijaga Polisi

Rabu, 11 Maret 2015 - 09:59 WIB
Rumah Ketua DPRD Dijaga Polisi
Rumah Ketua DPRD Dijaga Polisi
A A A
KARANGANYAR - Kisruh internal Partai Demokrasi Indonesia (PDIP) Karanganyar berbuntut panjang. Pasca pendudukan Kantor DPC PDIP oleh sejumlah kader pada Senin (9/3), polisi melakukan penjagaan di sekitar kediaman Ketua DPRD Karanganyar Sumanto kemarin.

Penjagaan tersebut dilakukan karena sehari sebelumnya, kediaman Sumanto - yang juga salah satu calon ketua partai berlambang banteng moncong putih didatangi sekelompok massa. Kapolres Karanganyar AKBP Mahedi Surendra menerangkan, pihaknya mendapatkan laporan jika rumah Sumanto didatangi massa berjumlah sekitar 20 orang dengan menggunakan sepeda motor.

Massa sempat berputarputar di sekitar daerah tersebut. Untuk mencegah aksi anarkistis, petugas melakukan patroli ke rumah Sumanto di lingkungan Dompon, Kecamatan Karanganyar Kota. Ketika petugas meluncur ke lokasi, Sumanto juga sempat menghubungi melalui telepon. “Suka tidak suka harus mengamankan. Sebab, Pak Sumanto itu merupakan ketua DPRD yang termasuk pejabat VIP di Karanganyar. Jadi, wajar kalau kami melakukan pengamanan,” ujar Mahedi Surendra kemarin.

Situasi di sekitar kediaman Sumanto pascakonfercab diakui berpotensi memunculkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kantibmas) sehingga polisi wajib hadir. Kendati demikian, Kapolres Karanganyar menegaskan bahwa polisi tidak memihak salah satu calon terkait adanya pengamanan terhadap rumah Sumanto. Langkah tersebut merupakan bentuk antisipasi terhadap gangguan kamtibmas.

“Yang ada adalah patroli. Karena rawan maka kami taruh anggota berpatroli. Jadi tidak ada yang sifatnya khusus,” ucapnya. Dari pantauan KORAN SINDO di sekitar kediaman Sumanto kemarin siang, terlihat tiga polisi yang tengah berada di teras rumah. Dua mobil patroli juga nampak di jalan depan rumah. Sumanto sendiri belum dapat dikonfirmasi seputar penjagaan polisi di kediamannya.

Sumber internal kepolisian menyebutkan, pengamanan dilakukan sejak Senin (9/3) sekitar pukul 12.00 WIB atau hampir bersamaan ketika puluhan kader mendatangi kantor DPC PDIP Karanganyar yang berada di Jalan KH Samanhudi Nomor 17 Cangakan, Karanganyar Kota. Calon ketua DPC PDIP Karanganyar Paryono, yang merupakan kandidat petahana, tetap menilai positif aksi kader yang membentuk Forum Penyelamatan PDIP Karanganyar. “Kalau dari sudut pandang yang positif tentu baik. Kalau dari sudut pandang yang berbeda ya pasti berbeda,” katanya.

Kendati demikian, dia menyatakan mekanisme partai tetap berjalan pascakonfercab yang berakhir deadlock . Paryono menyatakan siap menerima keputusan DPP PDIP terkait siapa yang akan menjadi Ketua DPC PDIP Karanganyar. “Saya minta para kader tetap tenang dan menjaga situasi partai tetap kondusif,” ujar Paryono.

Ary wahyu wibowo
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9654 seconds (0.1#10.140)