Besok, Kereta Solo-Wonogiri dan Railbus Bathara Kresna Diresmikan

Selasa, 10 Maret 2015 - 15:23 WIB
Besok, Kereta Solo-Wonogiri dan Railbus Bathara Kresna Diresmikan
Besok, Kereta Solo-Wonogiri dan Railbus Bathara Kresna Diresmikan
A A A
SOLO - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dijadwallkan akan meresmikan pengoperasian railbus Bathara Kresna, di Jalur Solo-Wonogiri, pada Rabu 11 Maret 2015 siang.

Setelah diresmikan, bus berbasis rel tersebut akan beroperasi secara reguler dalam waktu sehari dua kali. Sebelumnya, menurut rencana railbus akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun, karena Jokowi ada acara di Nanggroe Aceh Darusalam (NAD), maka peresmian tersebut akan dilakukan oleh Menteri Perhubungan, di Stasiun Purwosari.

“Rabu pagi sekitar pukul 08.00 WIB, di Stasiun Purwosari, railbus akan diluncurkan oleh Pak Mmenteri. Railbus kemudian berjalan sesuai jalur, yakni melintasi rel Jalan Slamet Riyadi,” ucapnya, kepada wartawan, Selasa (10/3/2015).

Dia menyebutkan, berbagai persiapan saat ini sudah dilakukan untuk menunjang pengoperasian railbus tersebut. Mulai dari infrastruktur hingga sumber daya manusia, semuanya sudah siap.

Bahkan, menurutnya secara khusus Dishubkominfo Solo telah menyekolahkan sejumlah stafnya di PT Industri Kereta Api (INKA) Madiun. Para staf itu disekolahkan untuk belajar lebih banyak mengenai seluk beluk kereta api dan railbus.

Railbus Bathara Kresna merupakan buatan dari perusahaan milik BUMN. Dengan berbagai persiapan yang dilakukan, diharapkan jika dikemudian hari ada permasalahan pada railbus, para staf bisa menanganinya sendiri tanpa harus dibawa ke Madiun.

“Empat petugas Dishubkominfo telah sekolah di PT INKA Madiun selama dua pekan, mereka yang nantinya disiapkan untuk mengurus railbus,” ucapnya.

Dia berharap dengan pengoperasian railbus tersebut, akan mengurangi kepadatan lalu lintas yang di jalananan Kota Solo. Masyarakat dari Wonogiri bisa memanfaatkan kereta itu untuk kepentingan sehari-hari.

Apalagi, kereta itu beroperasi dua kali perjalanan dalam sehari. “Sesuai rencana, harga tiket untuk sekali naik sebesar Rp4.000, harga tersebut cukup murah dan bisa dijangkau oleh masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP dan Linmas Kota Solo Sutarjo siap menerjunkan personelnya untuk membantu melancarkan pengoperasian railbus. Para personel itu akan menjaga sejumlah perlintasan sebidang yang tidak memiliki palang pintu.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6045 seconds (0.1#10.140)