Bupati Bakal Pasang 1.000 CCTV

Selasa, 10 Maret 2015 - 11:03 WIB
Bupati Bakal Pasang 1.000 CCTV
Bupati Bakal Pasang 1.000 CCTV
A A A
PURWAKARTA - Dalam waktu dekat, wilayah Kabupaten Purwakarta bakal diintai 1.000 kamera closed circuit television (CCTV).

Bupati Purwakarta Dedi Mulaya di berencana memasang 1.000 CCTV di seluruh ruas jalan di wilayah perbatasan yang menghubungkan Purwakarta dengan daerah lain.

Selain pemasangan 1.000 kamera CCTV, pemkab juga bakal membangun posko pengamanan. Upaya tersebut sebagai bentuk penanganan kejahatan jalanan yang bisa saja terjadi di wilayah Purwakarta. Seperti aksi kejahatan begal atau kejahatan lainnya yang meresahkan masyarakat.

“Kejahatan begal di wilayah Purwakarta memang tidak signifikan, tapi kita harus mengantisipasinya. Jangan sampai terjadi dulu baru bertindak. Untuk itu kami akan memasang 1.000 CCTV di ruas jalan dan membangun posko di perbatasan di wilayah Purwakarta,”ungkap Dedi Mulyadi kemarin. Dia menyebutkan, rencana pemasangan 1.000 CCTV dan posko pengamanan itu akan bekerjasama dengan para pengusaha dan masyarakat.

Menurut Dedi, bagi mereka yang terlibat nanti telah sepakat untuk patungan memasang CCTV di ruas-ruas jalan demi meningkatkan keamanan. “Rencana ini kami targerkan bisa direalisasikan bulan depan dengan nilai anggaran Rp4 miliar. Anggaran ini tidak seluruhnya ditanggung pemerintah tapi hasil patungan pemkab, pengusaha dan masyarakat,”ujarnya.

Menurutnya kamera CCTV yang akan ditanggung pihak pengusaha misalnya di wilayah industri atau di kawasan pabrik, jalan dan juga perumahan karyawan. Dengan begitu bisa meningkatkan keamanan para karyawan yang pulang atau berangkat malam hari. Sementara Pemkab Purwakarta dan masyarakat patungan untuk pemasangan CCTV di sejumlah titik lain, seperti wilayah perbatasan Purwakarta dengan daerah lain, terutama yang menjadi titik rawan kejahatan.

Ada pun untuk posko pengamanan yang akan dibangun di wilayah perbatasan, sebut dia, pos tersebut akan dijaga aparat dari Polri/TNI dengan persenjataan lengkap. Bahkan selain dilengkapi CCTV pos tersebut juga akan dilengkapi tempat peristirahatan dengan fasilitas internet. “Nantinya, kamera pengintai ini akan memantau seluruh aktvitas pengguna jalan di wilayah Purwakarta, termasuk di perbatasan. Jadi, kalau ada tindak kejahatan, misalnya begal, bisa terdeteksi,”tutur dia.

Dihubungi terpisah, Wakapolres Purwakarta, Kompol Indra Gunawan, mengaku belum mendapat informasi mengenai rencana Pemkab Purwakarta tersebut. Namun, pihaknya menyambut baik rencana pemkab yang akan melakukan langkah antisipasi dengan memasang 1.000 CCTV di wilayah hukum Purwakarta.

Didin jalaludin
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5423 seconds (0.1#10.140)