MTQ Harus Memberikan Inspirasi Positif

Selasa, 10 Maret 2015 - 09:46 WIB
MTQ Harus Memberikan Inspirasi Positif
MTQ Harus Memberikan Inspirasi Positif
A A A
MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Gatot Pujo Nugorho, berharap pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-48 tingkat Kota Medan bisa meningkatkan keimanan kepada Allah dan menjadikan Alquran sebagai sumber inspirasi berbuat kebaikan, sekaligus menjadikannya sebagai pedoman kehidupan seharihari.

Gubsu menjelaskan, sesuai sejarah turunnya Alquran di Kota Mekkah, dimana dulunya merupakan kota yang tertinggal dan tidak memiliki peradaban, langsung berubah sejak turunnya Alquran. Kini Mekkah menjadi kota yang besar, metropolitan, nyaman dan sejahtera, serta menjadi pusat peradaban Islam. Untuk itu, jika Kota Medan ingin menjadi kota metropolitan yang religius, nyaman, dan berdaya saing, sudah sewajarnya MTQ tahun ini bisa menginspirasi bagi masyarakat dengan menjadikan Alquran sebagai petunjuk dan pedoman hidup.

“MTQ memiliki makna strategis untuk mencapai visi dan misi Pemko Medan, yakni menjadi kota berdaya saing, nyaman, peduli, sejahtera, dan religius.” “Kemudian menjadi spirit untuk saling berlomba dalam berbuat kebajikan, serta menjadikan Alquran sebagai pedoman kehidupan sehari-hari,” ungkap gubsu saat membuka MTQ Kota Medan ke-48, di eks Taman Ria, Jalan Gatot Subroto, Medan, Minggu (8/3) malam.

Sementara Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, mengungkapkan, Alquran diturunkan sebagai tuntutan dan pegangan bagi umat manusia, agar memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat. Alquran juga merupakan sumber inspirasi yang sangat lengkap. Semakin didalami isi kandungannya, maka semakin diyakini kebenarannya. Isi dan kandungan Alquran juga merupakan pedoman hidup, guna membangun kehidupan sosial yang baik dan bermartabat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Karena itu, wali kota mengajak semua masyarakat agar setiap keluarga dapat lebih tekun, lebih gemar membaca dan menghayati Kalam Ilahi sebagai sumber ilmu pengetahuan sekaligus mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Eldin menilai, pelaksanaan MTQ sangat tepat sebagai wahana dalam rangka lebih memacu pengembangan tilawah , hafalan, serta pendalaman isi Alquran di tengah-tengah masyarakat.

“Kegiatan sosial religius ini diharapkan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya di tengah-tengah masyarakat,” katanya. Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan, Syaiful Bahri Lubis, selaku Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Medan, menyatakan, guna mendukung suksesnya pelaksanaan MTQ, LPTQ Kota Medan telah melakukan berbagai kegiatan seperti dialog dan silaturahmi dengan pengurus lembaga pembina Alquran untuk menyatukan visi.

Kemudian meningkatkan pembinaan kepada seluruh peserta MTQ, sehingga mampu mewujudkan prestasi yang lebih baik lagi dari MTQ sebelumnya. Diketahui, MTQ Kota Medan ke-48 dilaksanakan selama tujuh hari mulai Minggu (8/3) hingga Minggu (15/8). Peserta yang mengikuti MTQ ini mencapai 748 orang. Peserta akan mengikuti tujuh cabang yang diperlombakan.

Irwan siregar
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4736 seconds (0.1#10.140)