Pemerintah Harus Pulihkan Karo

Sabtu, 07 Maret 2015 - 10:10 WIB
Pemerintah Harus Pulihkan Karo
Pemerintah Harus Pulihkan Karo
A A A
JAKARTA - Ketua DPR, Setyanto Novanto, mengimbau kepada pemerintah agar memulihkan Kabupaten Karo pascaletusan Gunung Sinabung seperti sebelumnya, atau bahkan lebih maju lagi.

Hal itu terungkap saat Tim Keluarga Besar Karo (KBK) ITB bersama Bupati Karo, Terkelin Brahmana, bersilaturahmi dengan Ketua DPR, Setyanto Novanto, di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (6/3). Setyanto didampingi Wakil Ketua DPR RI Bidang Sosial Masyarakat, Fahri Hamzah, menerima Tim KBK ITB yang diketuai Arya Sinulingga.

“DPR akan mendorong Presiden serta menteri terkait untuk memperhatikan Karo. Apalagi ternyata tidak ada anggaran yang disiapkan pemerintah pusat di luar dana relokasi pengungsi,” paparnya.

Bupati Karo, Terkelin Brahmana, menyampaikan bencana Sinabung telah membuat penurunan produktivitas pertanian hingga 30%, dan bisnis pariwisata menurun sampai 49%. Hal itu membuat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Karo menurun sampai 40% yang diikuti penurunan kualitas pendidikan.

Terbukti, pada 2013 dan 2014, siswa Karo yang melanjutkan ke jenjang S-1 menurun sampai 70%. Siswa lebih banyak melanjutkan ke jenjang D-3. “Hal itu disebabkan pendapatan masyarakat Karo yang menurun hingga menyebabkan kemampuan masyarakat Karo juga ikut menurun untuk menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang S-1,” tuturnya.

Sementara pemerintah pusat hanya memperhatikan pengungsi Sinabung yang memang tidak lagi bisa menempati desanya untuk melanjutkan hidup. Sedangkan ada 8.000-an KK yang diperbolehkan untuk pulang ke desa mereka, tetapi lahan pertanian dan rumah mereka sudah hancur.

Mewakili KBK ITB, Arya Sinulingga mengungkapkan, pemerintah bisa membantu korban dengan bantuan industri mini untuk pertanian seperti mesin pabrik mini untuk jagung, cabai, kopi, dan lainnya. “Mesin ini akan membantu petani menaikkan nilai lebih pertanian mereka,” paparnya.

Dicky irawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8831 seconds (0.1#10.140)