Sumsel Bikin Penasaran Atase Arab Saudi

Jum'at, 06 Maret 2015 - 11:05 WIB
Sumsel Bikin Penasaran...
Sumsel Bikin Penasaran Atase Arab Saudi
A A A
PALEMBANG - Delegasi Kerajaan Arab Saudi, di antaranya Kementerian Pertahanan Arab Saudi, Kepala Atase Pertahanan dan Militer Arab Saudi berkunjung ke Kantor Gubernur Sumsel, kemarin. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Atase Pertahanan Militer Arab Saudi Brigjen Osamah L Shubi mengungkapkan, rasa penasarannya terhadap Provinsi Sumsel.

Menurutnya, sebelum berkunjung ke Indonesia, para petinggi kedutaan Arab Saudi sempat mengingatkannya untuk mengunjungi daerah ini. "Kerajaan Arab Saudi menaruh perhatian mendalam terhadap negara-negara Islam yang sedang berkembang, khususnya di Indonesia dengan penduduk Islam mayoritas di dunia. Sebelum ke sini petinggi di kedutaan meminta saya tak lupa berkunjung kesini, makanya saya penasaran sekali," katanya.

Sementara itu, Kepala Pusat Urusan Islam Kementerian Pertahanan Arab Saudi Mayjen Mohammad Abdurahman Alsa dan mengatakan, kunjungan kerja ke Sumsel merupakan bagian agenda kunker yang di lakukan ke Kementerian Pertahanan RI. Namun, diperluas kunjungan ke berbagai provinsi, di antaranya Makassar, Aceh, dan Sumsel.

"Kita ingin silaturahmi dan perkuat kerja sama kemitraan dan menggali aktualisasi bidang pertahanan keamanan, ekonomi, pendidikan, dan agama," ujarnya usai kunker ke Kantor Gubernur Sumsel, kemarin. Dia menuturkan, kunker kali ini memang diutamakan untuk menjalin kerja sama bilateral kedua negara di bidang pertahanan keamanan. Menurut dia, selain bakal bekerja sama dalam pembelian alat dan persenjataan militer produk Indonesia Pindad, juga melihat potensi investasi, pendidikan dan ekonomi.

Sebenarnya jelas dia, kunker ini juga kunjungan balasan karena Kemenhan RI telah berkunjung ke Arab Saudi. Terlebih telah adanya MoU antara Menhan RI dan Menhan Arab sehingga kerja sama kedua negara diharapkan dapat lebih erat. "Kami pun di sini melihat perkembangan lembaga pendidikan, seperti pesantren dan perkembangan keagamaan di daerah," imbuhnya.

Sementara itu, Staf Khusus Bidang Pemerintahan dan SDM, Chairil Zaman mengatakan, pihaknya mengharapkan jalinan kerja sama yang baik ke depan. "Apa lagi Pemprov Sumsel berkomitmen memajukan dunia pendidikan dan juga kegiatan nasional dan internasional bernuansa Islam. Seperti kongres parlemen negara Islam dunia, Islamic Solidarity Games, MTQ internasional dan lainnya. "Pemprov Sumsel sangat berterima kasih atas kunjungan dan kerjasama ini. kami juga akan menyambut baik kerja sama dengan Kerajaan Arab Saudi ini," pungkasnya.

Retno palupi
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9752 seconds (0.1#10.140)