Banjir Rendam Puluhan Hektare Sawah

Kamis, 05 Maret 2015 - 11:27 WIB
Banjir Rendam Puluhan Hektare Sawah
Banjir Rendam Puluhan Hektare Sawah
A A A
SUBANG - Puluhan hektare tanaman padi berusia dua bulan tersebar di Desa Gunungsari, Kecamatan Pagaden, Kabupaten Subang, terendam banjir kemarin. Banjir yang dipicu tingginya curah hujan dan jebolnya beberapa saluran irigasi tersebut, mengakibatkan tanaman padi yang sebulan lagi siap panen itu membusuk.

“Kalau terendamnya berhari-hari, tanaman padi kami bisa busuk. Kejadian seperti ini selalu terulang setiap musim hujan, sebab ada beberapa saluran iri gasi yang jebol, dan sampai sekarang gak diperbaiki oleh pemerintah,”tutur Darlim, 60, petani asal Kampung Sukarandeg, Desa Gunungsari kepada KORAN SINDO kemarin.

Camat Pagaden Hazizul Hakim mengakui, wilayah per tanian di Desa Gunungsari rawan terjadi banjir setiap musim hujan. Namun, banjir yang melanda areal tanaman padi tersebut lazimnya tidak berlangsung lama. “Laporan yang kami terima, ada sekitar 30 hektare tanaman padi yang tergenang. Tapi biasanya banjirnya gak lama, sore juga pasti surut,”ucapnya.

Sementara itu, selain merendam areal tanaman padi, banjir juga menggenangi akses jalan desa dengan ketinggian 30-40 sentimeter. Sehingga sempat mengganggu aktivitas warga, terutama anak-anak sekolah dan para pekerja yang biasa melewati jalan tersebut.

“Saat banjir, jalan desa di kampung kami sepanjang 50 meter melintasi persawahan biasa tergenang air luapan sungai. Genangan ini diakibatkan saluran air Cigede mengalami pendangkalan dan beberapa bagian ada yang jebol. Kedepan, kami berharap pemerintah segera menormalisasi saluran dan memerbaiki irigasi yang rusak, agar pasokan air lancar,” pungkas tokoh warga Gunungsari, Tarkem.

Usep husaeni
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8904 seconds (0.1#10.140)
pixels