Hadapi MEA, Usaha Kecil dan Menengah Diperkuat

Kamis, 05 Maret 2015 - 11:24 WIB
Hadapi MEA, Usaha Kecil dan Menengah Diperkuat
Hadapi MEA, Usaha Kecil dan Menengah Diperkuat
A A A
TASIKMALAYA - Kabupaten Tasikmalaya menyatakan kesiapannya menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di 2015 ini. Pasalnya, bidang usaha masyarakat kecil menengah (UMKM) telah diperkuat untuk bisa bersaing dalam ekonomi bebas.

Asda I Pemkab Tasikmalaya Budi Utarma mengatakan, kerajinan bordir, anyaman Raja polah, pertanian manggis, pertanian organik, serta berbagai bidang usaha kecil lainnya telah menembus pasar dunia sejak lama. Ekspor ke berbagai negara sudah sejak lama dilaksanakan, sehingga jika diperkuat maka akan lebih siap dalam menghadapi MEA.

“Sejak adanya informasi Indonesia akan membuka pasar bebas, maka sejak saat itu pula kami memersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari memerkuat sistem pemasaran produk UMKM, hingga sumber daya manusianya sendiri. Karena di era pasar bebas ini semua bebas memasarkan berbagai produksinya, mulai barang dan jasa yang tentunya bakal dilirik jika kualitasnya baik,” ungkap Budi disela-sela sosialisasi MEA 2015 di aula Wiradadaha Kantor Bappeda Pemkab Tasikmalaya, Jalan Raya Bojongkoneng, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, kemarin.

Budi menegaskan, memerkuat sistem perekonomian dari daerah juga sejalan dengan jargon pemerintahan Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum yakni gerbang desa. Kabupaten Tasikmalaya pun sepertinya patut berbangga hati, karena terpilih menjadi daerah yang melakukan sosialisasi terkait MEA dari Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Dalam Negeri.

Karena tidak seluruhnya daerah di Indonesia yang mendapatkan sosialisasi ini, dimana seluruh stake holder mulai perbankan, pelaku usaha, seluruh dinas intansi, dan sebagainya mendapatkan penjelasan berkenaan dengan MEA ini.

Dari Kementerian Luar Negeri hadir Sekretaris Ditjen Kerja sama ASEAN Kemenlu Iwan Suyudhie Amri dan dari Kementerian Dalam Negeri hadir Ditjen Pengembangan Ekono mi Daerah Kemendagri Alwin Feri. Keduanya menyampaikan sosialisasi kepada seluruh stake holder Pemkab Tasikmalaya agar memersiapkan infrastruktur dan SDM dalam menghadapi MEA tersebut.

Nanang kuswara
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5780 seconds (0.1#10.140)