Sergai Minta 7,1 Juta Tabung Elpiji 3 Kg

Kamis, 05 Maret 2015 - 10:09 WIB
Sergai Minta 7,1 Juta...
Sergai Minta 7,1 Juta Tabung Elpiji 3 Kg
A A A
SERGAI - Bupati Serdangbedagai (Sergai), Soekirman, mengusulkan kuota elpiji ukuran 3 kilogram (kg) untuk Sergai bertambah menjadi 7,1 juta tabung per tahun.

Sejak dicanangkannya program penggunaan elpiji 3 kg pada 2009, hingga kini Sergai hanya mendapat jatah dari PT Pertamina 3,3 juta tabung per tahun. Jumlah tersebut dinilai tidak sebanding dengan kebutuhan masyarakat yang kian hari kian meningkat.

Alhasil, krisis gas selalu terjadi dimana- mana. “Bagaimanapun solusinya tetap harus ada penambahan kuota. Kalau tidak, krisis gas ini akan terus berlangsung,” ucap Kepala Bagian Perekonomian Setdakab, Fitriadi, di ruang kerjanya, kemarin.

Fitriadi menambahkan, di Sergai sekarang ini ada 196.988 kepala keluarga (KK). Kuota elpiji 3 kg sebanyak 7,1 juta tabung tersebut dinilai mampu memenuhi kebutuhan warga. “Dari uji sampel kami memakai kartu kendali di sejumlah titik, ternyata setiap KK sebulannya membutuhkan setidaknya tiga tabung gas. Sementara kuota lama hanya menghitung dua tabung setiap bulannya. Ya jelas pasokan gas itu selalu kurang,” kata Fitriadi lagi.

Sementara itu, Asisten II Perekonomian Pembangunan dan Sosial (Ekbangsos), Hadi Winarno, mengatakan, untuk menghindari krisis elpiji 3 kg, bersama kepolisian dan koramil selalu mengontrol dan mengawasi distribusi gas. “Sejak dulu hingga kini tim terpadu selalu mengontrolnya. Hanya itu kebijakan yang kami bisa lakukan. Sedangkan jumlah pasokan itu kewenangan PT Pertamina,” katanya.

Sementara dari pantauan, warga rela antre panjang hanya untuk membeli satu tabung elpiji 3 kg dengan harga Rp16.000 di pangkalan. Kalau pun ada di kios pengecer, harga setiap tabungnya melonjak hingga Rp25.000.

“Sejak pekan lalu, gas sudah enggak ada di kios-kios yang biasa mengecer. Sudah aku cari dari arah Dusun I Senayan, Desa Simpang Empat sampai ke sini kosong semua,” ucap M Sembiring, warga yang mengantre di pangkalan elpiji 3 kg, Kota Sei Rampah, kemarin.

Senada, Pemkab Langkat juga mengusulkan penambahan sebanyak dua juta tabung elpiji 3 kg untuk memenuhi permintaan masyarakat yang selama ini kebutuhannya terus meningkat.

"Daerah ini memerlukan penambahan dua juta tabung elpiji 3 kg," kata Kepala Bagian Perekonomian Pemerintah Kabupaten Langkat, Sutrisuanto, di Stabat, kemarin.

Erdian wirajaya
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4337 seconds (0.1#10.140)