Bulog Kirim 4 Ton Beras untuk Operasi Pasar

Rabu, 04 Maret 2015 - 11:20 WIB
Bulog Kirim 4 Ton Beras...
Bulog Kirim 4 Ton Beras untuk Operasi Pasar
A A A
KUNINGAN - Bulog Sub Divre Cirebon langsung menanggapi permintaan operasi pasar (OP) yang diajukan Pemkab Kuningan terkait harga beras yang masih tinggi dengan mengirim 4 ton beras kualitas medium, kemarin. Berdasarkan pantauan, kegiatan operasi pasar digelar dilima titik secara bergiliran diawali di halaman kantor Kelurahan Cijoho, Ciporang, Ancaran, Padarek, dan terakhir di halaman kantor Desa Kedungarum.

Pelaksanaan jual beras murah tersebut di batasi waktunya, masing-masing satu jam di setiap titik. Warga yang berminat pun dibatasi hanya boleh membeli beras yang dijual Rp7.400/kg tersebut maksimal 15 kg saja. Kegiatan operasi pasar beras murah tersebut disambut antusias warga sekitar kantor desa yang mengetahui informasi dari pengeras suara masjid.

Sambil membawa karung sebagai wadah, mereka rela berdesakan untuk mendapatkan beras kualitas medium yang kini di pasaran harganya masih mencapai Rp 11.000/kg. Seperti di ungkapkan Unah, 68, warga Pramuka ini rela mengejar operasi pasar di kantor Kelurahan Cijoho yang jaraknya hampir 2 km dengan dibonceng anaknya menggunakan motor.

“Saya hanya beli 10 kg untuk makan beberapa hari kedepan. Lumayan harganya lebih murah di banding di warung dekat rumah yang sekarang masih mencapai Rp11.000/kg,” ujar Unah. Sementara itu, Wakil Kepala Sub Divre Bulog Cirebon Supriyanto mengungkapkan, pada kegiatan operasi pasar pertama di Kabupaten Kuningan tersebut pihaknya membawa 4 ton beras kualitas medium.

Kegiatan operasi pasar tersebut akan terus digelar hingga kondisi harga beras di pasaran kembali normal. “Kemarin kami menerima surat pengajuan OP dari Bupati Kuningan dan langsung kami tindaklanjuti hari ini. Dari 10 ton yang diajukan, baru kami penuhi 4 ton hari ini dan sisanya untuk kegiatan operasi pasar berikutnya,” ungkap Supriyanto saat memantau pelaksanaan OP di Kelurahan Cijoho.

Untuk kegiatan OP berikutnya, Supriyanto mengaku akan berkoordinasi kembali dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kuningan yang mengetahui kondisi dan kebutuhan masyarakatnya. Mengenai ketersediaan beras untuk OP, Supriyanto menjamin pihaknya siap memenuhi berapapun yang dibutuhkan . “Stok beras bulog untuk kebutuhan 4 wilayah (Kota dan Kabupaten Cirebon, Majalengka dan Kuningan) saat ini sebanyak 31.000 ton sehingga masih cukup untuk lima bulan ke depan.

Yang tersimpan di dua gudang bulog di Kabupaten Kuningan saja masih tersedia 4.000 ton,” harap Supriyanto. Sementara itu, Kepala Disperindag Kuningan Agus Sadeli mengungkapkan, kegiatan operasi pasar pada hari pertama kemarin digelar di lima titik berbeda untuk pemerataan. Rencananya kegiatan serupa akan di gelar kembali hari ini dengan target masyarakat di wilayah timur Kuningan salah satunya Kecamatan Ciawigebang.

“Kami akan berkoordinasi dengan Bulog untuk kegiatan OP besok (hari ini) mungkin akan difokuskan di wilayah Keca matan Ciawigebang. Kami sudah mengajukan permohonan kiriman beras 10 ton untuk operasi pasar beberapa hari kedepan, namun tetap memerhitungkan kondisi harga beras di pasaran. Jika harganya sudah kembali normal, maka OP ini tak perlu dilanjutkan,” ujar Agus.

Meski demikian, Agus menambahkan, kondisi harga beras di pasaran saat ini sudah berangsur turun. Penyebabnya, kata dia, mungkin karena penyaluran raskin yang sudah berjalan serentak di berbagai daerah.

Mohamad taufik
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9368 seconds (0.1#10.140)