Personel dan Armada Damkar Minim

Rabu, 04 Maret 2015 - 09:44 WIB
Personel dan Armada Damkar Minim
Personel dan Armada Damkar Minim
A A A
SUKOHARJO - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo kekurangan armada pemadam kebakaran.

Sejauh ini, BPBD baru memiliki empat unit dari kebutuhan ideal delapan unit untuk meng-cover bencana kebakaran di wilayah tersebut. Selain kekurangan armada, personel pemadam kebakaran juga tidak mencukupi. Saat ini, jumlah petugas yang tersedia hanya ada 20 personel dari kebutuhan ideal 40 orang.

“Tiap tahun kami berusaha mengajukan penambahan mobil Damkar baik melalui APBD kabupaten, provinsi, maupun pusat. Idealnya, BPBD harus punya delapan unit namun yang tersedia baru empat,” kata Kepala BPBD Sukoharjo, Suprapto kemarin. Untuk armada, BPBD akan meminta bantuan baik dari daerah, provinsi maupun pusat.

Diharapkan ada anggaran yang disediakan agar kebutuhan dapat terpenuhi. “Ada sinyal bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri yang direncanakan akan memberikan bangtuan dua unit mobil damkar dan satu unit mobil tangki air,” paparnya.

Untuk pengadaan yang dibiayai APBD kabupaten, Suprapto mengaku terakhir kali dianggarkan pada 2013 lalu untuk pembelian satu unit mobil Damkar. Untuk itu, BPBD juga berniat mengajukan anggaran dalam APBD kabupaten untuk menambah armada mobil damkar agar kebutuhan dapat terpenuhi.

Awal terbentuknya BPBD Sukoharjo pada 2012, pihaknya hanya memiliki tiga unit mobil damkar. Itu pun sering mengalami kerusakan dan terlambat sampai ke lokasi kebakaran.

“Karena itu, BPBD perlu peremajaan dan penambahan armada baru. Sedangkan untuk pemenuhan kebutuhan personil nanti akan kami koordinasikan dengan pemkab,” ujar Suprapto.

Sumarno
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6445 seconds (0.1#10.140)