UPGRIS-IPG Malaysia Sepakati Kerja Sama

Rabu, 04 Maret 2015 - 09:44 WIB
UPGRIS-IPG Malaysia Sepakati Kerja Sama
UPGRIS-IPG Malaysia Sepakati Kerja Sama
A A A
SEMARANG - Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) kemarin menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Institut Pendidikan Guru (IPG) kampus Temenggong Ibrahim Malaysia.

Penandatanganan kerja sama itu difokuskan pada enam hal. Antara lain pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, kerja sama penelitian, pelaksanaan seminar bersama, pertukaran publikasi penelitian antarkeduanya, dan pembimbingan mahasiswa dari kedua perguruan tinggi (PT).

“Banyak hal dari enam poin yang menjadi kesepakatan kerja sama dengan IPG ini. Untuk pertukaran mahasiswa, nanti bisa dilakukan dengan pengiriman mahasiswa mengikuti program praktik pendidikan lapangan (PPL). Jadi nanti dari mahasiswa sana PPL di sini, dan mahasiswa kami PPL ke sana (Malaysia). Seperti yang sudah kami lakukan dengan UTM (Universiti Teknologi Malaysia) dan sampai sekarang masih berjalan,” papar Rektor UPGRIS Muhdi kemarin.

Pada poin pertukaran dosen, baik IPG maupun UPGRIS dapat saling mengirimkan dosen dalam rangka kemungkinan dibukanya short course ataupun mengajar. Mengenai poin kerja sama penelitian dapat diwujudkan dengan pengiriman para ahli dari masingmasing institusi.

“Untuk seminar, kita sudah melaksanakan secara bersama. Untuk pertukaran publikasi, nanti bisa dilakukan dengan memublikasikan hasil karya ke dalam jurnal milik UPGRIS atau IPG. Dan untuk pembimbingan mahasiswa, nanti mahasiswa kami bisa dibimbing oleh dosen dari IPG dan sebaliknya, mahasiswa dari IPG bisa dibimbing oleh dosen-dosen kami ketika melakukan penelitian,” paparnya.

Muhdi menambahkan, sebelum ditandatanganinya kesepakatan kerja sama antara UPGRIS dan IPG, sebelumnya perwakilan dari IPG telah berkunjung ke UPGRIS untuk melakukan penjajakan.

“Sebelumnya sudah ada beberapa perwakilan dari IPG yang ke sini. Dan sekarang datang lagi dengan rombongan besar berjumlah 26 orang dan akhirnya disepakati kerja sama antara UPGRIS dan IPG. Rencana kami juga akan lakukan kunjungan balasan ke IPG satu atau dua bulan lagi, ke Johor Baharu,” ungkapnya.

Pengarah IPG Kampus Temenggong Ibrahim Rubiah Binti Ahmad, yang saat itu mewakili IPG melakukan penandatanganan, menyambut baik terciptanya kerja sama dengan UPGRIS. Dia berharap kerja sama tersebut akan menghasilkan kemanfaatan bukan hanya untuk kedua perguruan tinggi saja, tapi juga pada kedua negara serumpun Indonesia dan Malaysia.

Susilo himawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4009 seconds (0.1#10.140)