Simulasi Tanggap Darurat Terus Digelar

Jum'at, 27 Februari 2015 - 11:19 WIB
Simulasi Tanggap Darurat Terus Digelar
Simulasi Tanggap Darurat Terus Digelar
A A A
SLEMAN - Desa Gayamharjo, kecamatan Prambanan, Sleman menggelar simulasi penanggulangan bencana tanah longsor di lapangan desa setempat, kemarin.

Simulasi ini digelar untuk menyiapkan warga dalam menghadapi bencana, kegiatan ini juga menandai pengukuhan unit pelaksana penanggulangan bencana sekaligus geladi lapangan atas rencana penanganan bencana yang dibuat Desa Gayamharjo.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman Julisetiyono Dwi Wasito mengatakan, sebagai daerah yang rawan terhadap bencana tanah longsor, maka warga harus siap setiap saat. Untuk itu, perlu pembekalan dalam menghadapi ancaman bencana tersebut. Satu di antaranya dengan mitigasi dan pengurangan risiko bencana. Terutama dalam penyelamatan, baik jiwa maupun harta benda.

“Karena itu dengan geladi ini, diharapkan, masyarakat dan seluruh petugas di lapangan menjadi paham apa yang harus dilakukan jika terjadi longsor, termasuk bagaimana langkah evakuasinya.” ungkap Juli usai simulasi tanggap darurat tanah longsor, di Gayamharjo, kemarin. Menurut Juli simulasi ini juga sebagai aplikasi dari apa yang telah desa susun, baik mengenai peta, jalur evakuasi, kontingensi bencana, dan dapur umum. Sehingga melalui simulasi ini diharapkan warga tidak hanya siap, namun juga dapat mempraktikkan saat terjadi bencana.

“Untuk itu, kami akan terus melakukan pendampingan,” katanya. Wakil Bupati Sleman Yuni Satia Rahayu menambahkan, secara umum apa yang telah dipraktikkan warga dalam menghadapi bencana sudah baik. Meski begitu tetap harus ada perhatian saat melakukan evakuasi salah satunya tentang prosedur pengangkutan menggunakan mobil pikap.

“Selain itu masyarakat juga tidak panik saat menghadapi bencana. Karena itu, dengan adanya geladi lapang ini diharapkan masyarakat tidak panik namun mengetahui apa yang harus mereka lakukan dalam menghadapi musibah,” paparnya.

Kepala Desa (Kades) Gayamharjo Prambanan Sugiyanto selaku ketua unit pelaksana penanggulangan bencana Desa Gayamharjo mengatakan, kegiatan simulasi tersebut diikuti perwakilan tujuh dusun yang ada di Gayamharjo, yaitu Dusun Nawung, Lemah Bang, Jontro, Jali Gayam, Kalinongko Lor, dan Kalinongko Kidul.

Priyo setyawan
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7172 seconds (0.1#10.140)