Mahasiswa Gelar Aksi Koin Kecam Australia

Kamis, 26 Februari 2015 - 12:19 WIB
Mahasiswa Gelar Aksi...
Mahasiswa Gelar Aksi Koin Kecam Australia
A A A
MEDAN - Belasan mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dari kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menggelar aksi simpatik mengumpulkan koin untuk Australia di Bundaran Majestik Medan, Rabu (25/2).

Dalam aksinya, mereka membawa spanduk bertuliskan “satu billion koin dalam menjaga harkat dan martabat bangsa Indonesia dan tetapkan reformasi hukum” seraya mendatangi para pengendara yang melintas di kawasan itu. Mahasiswa juga menyampaikan orasi politik sebagai protes terhadap sikap Perdana Menteri Australia Tony Abbott yang mengungkit bantuan negaranya untuk Indonesia saat terjadi tsunami Aceh pada 2004.

Hal itu dilakukan untuk menekan Pemerintah Indonesia agar tidak mengeksekusi mati dua bandar narkoba asal Australia. “Harga diri kita sudah diinjak- injak. Maka kami turun ke lapangan mengumpulkan koin. Ini salah satu dukungan kepada pemerintah untuk menjaga marwah bangsa Indonesia. Kami siap membelanya,” kata koordinator aksi, Eriza Hudori.

Dana yang terkumpul selanjutnya akan dikirim ke Jakarta dan diberikan ke perwakilan Australia di Indonesia. Kegiatan itu akan dilakukan secara berlanjut selama sepekan ke depan. Dia jugaberharapmahasiswalainnya turut berpartisipasi mendukung harga diri bangsa ini. Salah satu warga Jalan Gatot Subroto, Tu Kino, 50, terlihat semangat memberikan koin yang ada di sakunya.

Dia mengaku sangat senang dengan kegiatan yang dilakukan mahasiswa tersebut karena dia sendiri merasa kecewa dan marah dengan penyataan Abbott. “Apa pun ceritanya bangsa ini tidak boleh diremehkan. Kita harus bersatu,” katanya sambil menjatuhkan koinnya ke kotak.

Irwan siregar
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0949 seconds (0.1#10.140)