Anggaran Hotmiks Jalan Tersedot Pilkada

Kamis, 26 Februari 2015 - 10:51 WIB
Anggaran Hotmiks Jalan Tersedot Pilkada
Anggaran Hotmiks Jalan Tersedot Pilkada
A A A
TASIKMALAYA - Jalan Ciawi - Singaparna (Cisinga), Kabupaten Tasikmalaya, rusak parah sepanjang 4 km. Sehingga mustahil peningkatan kualitas berupa hotmiks atau pengaspalan tahun ini.

Pasalnya, APBD 2015 bakal banyak tersedot untuk kebutuhan pilkada pada Desember 2015 mendatang. Hal itu diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Ruhimat, ketika bertemu dengan warga Kecamatan Padakembang, yang mana mereka menuntut perbaikan Jalan Cisinga. “Kalau tahun ini sangat berat menghotmiks Jalan Cisinga yang rusak, sebab memang anggarannya tidak ada. Kami hanya menganggarkan Rp80 miliar untuk pembangunan jembatan saja, bukan peningkatan kualitas jalan,” ungkap Ruhimat.

Ruhimat menjelaskan, pemerintah daerah telah menganggarkan sebesar Rp80 miliar untuk Jalan Cisinga. Namun itu khusus untuk jembatan dulu agar Jalan Cisinga bisa tersambung dari Singaparna ke Ciawi. Pengaspalan baru akan dilakukan tentunya setelah Cisinga tersambung. Masyarakat dinilainya tidak sabar dan menyangka bila Pemkab Tasikmalaya tidak melanjutkan pengerjaan Jalan Cisinga, hingga timbul protes.

Hal ini akibat komunikasi yang kurang terjalin antara pemerintah dan masyarakat. “Meski mendapatkan banyak desakan masyarakat guna melakukan pengaspalan di 2015, namun tetap berat. Sebab selain tidak dianggarkan pengaspalan, kami pun keteteran dalam penganggaran. Dalam waktu dekat harus menggelar pilkada dengan alokasi anggaran sekitar Rp30 miliar, dari total kebutuhan Rp45 miliar. Maka berat bagi Pemkab Tasikmalaya untuk memasukan peng aspalan jalan di APBD perubahan meskipun hanya 4 km jalan yang rusak,” jelas Ruhimat.

Sementara itu, tokoh masyarakat Padakembang, Ajengan Mama Oteng menuturkan, masyarakat sangat berharap bila jalan Cisinga bisa mulus pertengahan 2015. Mereka telah berulang kali memprotes dengan menanam pohon di tengah jalan. Ketika ada keterangan seperti ini, maka jelas cukup membuatnya kecewa. Namun masyarakat tidak akan berdiam diri dan berencana melakukan audensi dengan Bupati Tasikmalaya pekan depan.

“Saat ini jalan Cisinga yang rusak tengah dilakukan pengerasan menggunakan alat berat. Upaya itu dilakukan atas sumbangan pengusaha pasir Galunggung. Setidaknya diketahui pengusaha telah menghabis kan Rp3,5 miliar untuk upaya ini. Diharapkan prosesnya akan berlanjut dengan pengaspalan. Jika sekarang di padatkan namun tidak diaspal, maka tentu dalam beberapa bulan kedepan jalan Cisinga bakal amburadul kembali,” ujar Oteng.

Nanang kuswara
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6348 seconds (0.1#10.140)