Kebakaran Hutan di Riau Meluas, RAPP Jatuhkan Bom Air

Kamis, 26 Februari 2015 - 06:03 WIB
Kebakaran Hutan di Riau Meluas, RAPP Jatuhkan Bom Air
Kebakaran Hutan di Riau Meluas, RAPP Jatuhkan Bom Air
A A A
PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan di Riau kembali meluas. Pemadaman pun dilakukan, baik melalui jalur darat dan udara. Namun begitu, api terus berkobar dan membakar hutan yang dilewatinya.

Kebakaran paling hebat melanda kawasan perhutani di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis. Untuk memadamkan api di kawasan itu, Tim Fire and Aviation PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) telah menjatuhkan 30 sorti waterbombing (bom air).

"Tim langsung kami turunkan ke lokasi, termasuk dua unit helikopter untuk waterbombing dan patroli," ujar Direktur RAPP Mulia Nauli, kepada wartawan, Rabu (26/2/2015).

Selain di jalur udara, sebanyak 75 personel RAPP juga diterjunkan untuk memadamkan api dari jalur darat. Dengan membawa peralatan lengkap, mereka langsung turun ke lokasi kebakaran memadamkan api.

"Tim tersebut dilengkapi dengan dua pompa besar merk Tohatsu, empat pompa merk III, dua pompa mini striker, serta selang pemadam," ungkapnya.

Berdasaran pantauan di lokasi, tim juga menggunakan Drone atau UAV (Unmanned Aerial Vehicle) sejenis pesawat quadcopter remote control yang dioperasikan untuk memantau pergerakan api dan luasan lahan yang terbakar.

Hingga sore, Tim Fire Fighter PT RAPP masih terus melakukan pemadaman dan berupaya optimal agar api tidak masuk ke area konsesi. Helikopter PT RAPP dari kemarin juga sudah melakukan bom air di wilayah Pulau Rupat yang terbakar sebanyak 25 sorti atau bom air.

Sedangkan, pada hari Senin, waterbombing dilakukan di sekitar wilayah Desa Kuala Panduk, dengan jumlah bombing sebanyak 15 sorti.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3630 seconds (0.1#10.140)