Personel Boleh Kecil, Lagu Tetap Profesional

Senin, 23 Februari 2015 - 11:34 WIB
Personel Boleh Kecil, Lagu Tetap Profesional
Personel Boleh Kecil, Lagu Tetap Profesional
A A A
SEMARANG - Kecil-kecil cabai rawit mungkin itu kalimat yang pas untuk disematkan pada enam siswa SD Nasima yang tergabung dalam Nasima Kids Band. Bagaimana tidak, meski mereka masih sekolah dasar, penampilan mereka seolah sudah seperti band-band profesional.

Meski masih SD mereka mampu memainkan alat musik dengan baik dan alunan musik tetap enak didengar dengan kemampuan mereka yang masih anak-anak. Seperti yang terlihat saat mereka tampil di Gor Jatidiri Semarang beberapa waktu lalu. Mereka membawakan lagu yang tidak mudah untuk dimainkan.

Seperti lagu milik CJR ‘’Terhebat’’, Kotak ‘’Beraksi’’, Ada Band’’Terbaik Bagimu’’, Europe’’Final Coundtdown’’ dan Idina Menzel ‘’Let It Go (Ost. Frozen)’’. Band yang dibentuk pada September 2014 ini memiliki formasi Nadhira (Drum), Devina (Keyboard), Chaca (Bass), Masayu (Vokal), Satria (Gitar) dan Iksan (Biola).

Ratarata, saat ini mereka duduk di Kelas IV dan Kelas VI. Dibentuknya Nasima Kids Band itu sendiri berawal dari keinginan pihak sekilah untuk membuat berbagai macam kegiatan yang dapat memacu kreativitas siswa, salah satunya adalah di bidang musik. “Kegiatan bermusik ini bagian dari pendidikan karakter. Kegiatan ini mendapatkan dukungan dari orang tua sehingga dapat berjalan dengan baik,” kata Andi Rahman, Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan Nasima.

Dia mengaku, dalam pembentukan Nasima Kids Band tidak ada kesulitan berarti, karena masing-masing personel sudah memiliki basik bermusik, karena sebelumnya sudah les musik di luar sekolah. Namun, kesulitannya justru ketika untuk menggabungkan mereka terutama dalam hal kekompakan. Selain itu kesulitan lain adalah masalah mental. Karena usia mereka yang masih anak-anak terkadang mereka masih grogi ketika berada di panggung.

“Kita tinggal mengumpulkan saja, karena mereka (Personel Kids Band) sudah les di luar sekolah, sehingga mereka sudah mahir dalam bermain alat musik,” ucapnya. Untuk terus mengasah mental, pihak sekolah terus meningkatkan jam terbang mereka dengan mengikutkan mereka dibeberapa pentas, acara musik, dan juga ketika ada kegiatan di Sekolah.

Dikatakan, saat ini memang masih menyanyikan lagu-lagu dari penyanyi yang sudah ada, namun pihak sekolah juga sudah menyiapkan beberapa lagu ciptaan sendiri. ”Kita sudah siapkan beberapa lagu, dan tinggal penggarapannya saja,” imbuhnya. Salah satu personel Kids Band Chaca mengaku senang bermain musik sejak kecil. Sebagai pemegang Bass Chaca mengidolakan Basis Kotak Chua.

Dia pun ingin kelak bisa menjadi pemain band profesional. Oleh karena itu, dia terus giat berlatih. Namun demikian, pelajaran di sekolah tetaplah nomor satu.”Ingin bisa menjadi band profesional,” ucapnya.

Andik Sismanto
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7662 seconds (0.1#10.140)