alexametrics

Fosil Gajah Purba Ditemukan di Situs Patiayam

loading...
Fosil Gajah Purba Ditemukan di Situs Patiayam
Fosil Gajah Purba Ditemukan di Situs Patiayam
A+ A-
KUDUS - Fosil kaki gajah purba ditemukan warga di Situs Patiayam, Desa Terban Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Diperkirakan fosil itu sudah berusia ratusan tahun atau bahkan lebih dari satu juta tahun lalu.

Fosil yang ditemukan di Petak 21 Bukit Sumperit Situs Patiayam itu berupa bagian kaki depan gajah purba Stegodon Trigonochepalus. Fosil itu berhasil diangkat dari lokasi hari ini sekitar pukul 15.00 WIB.

Setelah berhasil diangkat, fosil dengan panjang sekitar 0,5 meter dan lebar sekitar 50 centimeter itu dibawa ke Museum Purbakala Patiayam, Desa Terban.

"Fosil belum dibersihkan. Tapi jika dilihat dari bentuknya diperkirakan itu semacam engsel kaki depan stegodon," kata penjaga situs Patiayam, Ari Mustaqim, Kudus, Minggu (22/2/2015).

Temuan fosil ini, kata Ari, tak bisa dilepaskan dari kesadaran warga sekitar situs Patiayam. Fosil itu ditemukan secara tak sengaja oleh petani yang sedang menggarap lahan pertanian di Bukit Sumperit.

Tiba-tiba cangkul petani itu menyentuh benda keras. Pada saat bersamaan melintaslah Sutopo, warga sekitar yang memang punya pengetahuan soal seluk beluk fosil. Akhirnya Sutopo pun melapor ke Museum Purbakala Patiayam hingga akhirnya fosil itu diangkat dari lokasi.

"Peran aktif warga di sekitar situs sudah cukup memadai. Sebagai bentuk apresiasi tentu saja ada reward untuk mereka," jelasnya.

Di memperkirakan, masih ada fosil gajah tersebut di wilayah itu. "Diperkirakan masih banyak lagi fosil yang masih terkubur di situs ini," ujarnya.
(mhd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak