Puluhan Titik Api Kepung Bengkalis

Sabtu, 21 Februari 2015 - 23:28 WIB
Puluhan Titik Api Kepung Bengkalis
Puluhan Titik Api Kepung Bengkalis
A A A
PEKANBARU - Puluhan titik api mengepung Kabupaten Bengkalis, Riau karena berdasarkan pantauan udara, ada sekitar 20 titik api yang membakar hutan dan lahan.

Berdasarkan pantauan udara, kebakaran terjadi di Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis yang berbatasan dengan Kabupaten Siak.

"Dari pantaun udara kita sejak sore kemarin, ada sekitar 20 titik api di Kecamatan Siak Kecil," kata Humas PT Sinar Mas Forestry Nurul Huda, Sabtu, (21/2/2015)

Dari pantauan udara, terlihat kepulan asap tebal di sejumlah titik api. Menurutnya sejumlah titik api sebagian berada di bekas Hak Penguasaan Hutan (HPH) sebuah perusahaan.

"Jadi kemungkinan itu yang membakar adalah perambah. Karena kita lihat dari udara itu terjadi perambahan hutan (illegal logging). Dari lokasi yang terpantau, daerah yang terbakar itu merupakan areal sulit dipadamkan karena sulit ditempuh jalur darat," ungkap Nurul.

Sebelumnya Pemerintah Pusat yang diwakili Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) meminta perusahaan berperan aktif dalam memantau dan mengatasi bersama kebakaran hutan Riau.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya yang beberapa waktu ke Riau untuk penanganan kebakaran hutan meminta perusahaan rutin melakukan monitoring udara untuk melihat kebakaran.

"Temuan titik api juga sudha kita laporkan kepemerintah daerah dan pihak kepolisian," timpal Nurul.

Namun menurut data dari Badan Meteorologi, Klimatalogi dan Geofisika kemarin di Riau hanya ditemukan 3 hot spot yang berada di Bengkalis 1 titik dan Rohil 2 titik.

"Sementara sore ini nihil. Mengenai ada titik api yang tidak terpantau kalau satelit kita mungkin karena terhalang oleh cuaca dan faktor lainnya adalah kebakarannya mungkin tidak terlalu besar," kata staf analisa BMKG Pekanbaru Selamet Riadi.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7579 seconds (0.1#10.140)