Wali Kota Pimpin Pengerukan Parit

Jum'at, 20 Februari 2015 - 09:56 WIB
Wali Kota Pimpin Pengerukan Parit
Wali Kota Pimpin Pengerukan Parit
A A A
MEDAN - Di tengah guyuran hujan deras, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin memimpin pengerukan parit di Jalan Rawe Sei Pesangan Perumahan Griya Martubung, Kelurahan Besar Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, Rabu (18/2).

Pengerukan ini dilakukan untuk mengantisopasi pendangkalan parit yang selama ini mengalami sendimentasi. Dengan demikian parit bisa menampung banyak debit air meskipun intensitas hujan belakangan tergolong tinggi. Untuk menuju ke lokasi pengorekan, Eldin didampingi Kadis Bina Marga Kota Medan Khasirul Syahnan menggunakan mobil pick-up double cabin mengingat kondisi jalan cukup jelek.

Pengerukan parit dilakukan denganmenggunakan1unitalat berat jenis backhoe milik Dinas Bina Marga Kota Medan. Kondisi parit cukup memprihatinkan. Selain mengalami pendangkalan, juga dipenuhi sampah. Kondisi itu menyebabkan parit meluap menggenangi sawahdanperumahanwarga. Sebelum dilakukan pengerukan, air parit mengalir sangat lambat. Setelah dilakukan pengerukan, barulah air mengalir semakin lancar.

WaliKota berulangkali memberikan instruksi kepada Kadis Bina Marga untuk diteruskan kepada anggotanya yang mengendalikan backhoe. Selain ingin mendapatkan hasil maksimal, mantan sekda Kota Medan ini ingin pengerukan yang dilakukan dapat mengatasi persoalan banjir yang acap kali terjadi setiap hujan deras turun.

“Parit ini sudah lama tidak dikeruk sehingga mengalami pendangkalan. Tentunya hal ini tidak bisa dibiarlan larena fungsi parit untuk menampung sekaligus mengalirkan air tidak berfungsi maksimal. Untuk itulah kita lakukan pengerukan hari ini. Semoga dengan pengerukan ini, parit kembali dalam sehingga mampu menampung debit air terutama pada saat hujan deras turun,” kata Eldin.

Setelah parit dikeruk, Eldin meminta kepada Camat Medan Labuhan Arahman Pane untuk melakukan pengawasan dan terus memberikan sosialisasi kepada warga untuk tidak membuang sampah ke dalam parit. Selain itu, rutin mengajak masyarakat untuk bersama-sama membersihkan dan mengeruk parit .

“Jika butuh alat berat untuk mendukung kelancaran pengorekan parit, segera sampaikan kepada Dinas Bina Marga agar dibantu,” ungkapnya. Mengingat intensitas hujan belakangan ini cukup tinggi, Eldin mengistruksikan kepada Dinas Bina Marga untuk terus melakukan pengerukan parit maupun drainase secara rutin guna meminimalisir titik-titik genangan air.

Lia anggia nasution
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8566 seconds (0.1#10.140)