Warga Akhirnya Nikmati Listrik

Rabu, 18 Februari 2015 - 10:10 WIB
Warga Akhirnya Nikmati Listrik
Warga Akhirnya Nikmati Listrik
A A A
SIPIROK - Setelah sekian lama menunggu, ratusan warga Desa Pargarutan, Kecamatan Sipirok, akhirnya dapat merasakan aliran listrik. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) telah meresmikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di wilayah itu.

Bupati Tapsel, Syahrul M Pasaribu, berharap kehadiran PLTS itu mampu mengurangi keterisolasian warga selama ini karena jaringan listrik belum ada di DesaPargarutan. Untukitu, warga harus menjaga dan memelihara PLTS tersebut sehingga tetap bisa mengaliri listrik ke rumah- rumah warga.

“Kini warga sudah bisa menikmati listrik sekalipun mereka jauh di sini. Padahal, sejak kampung itu ada ratusan tahun lalu, warga di desa itu belum pernah tersentuh listrik,” tuturnya kepada wartawan saat peresmian PLTS di Desa Pargarutan, Senin (16/2). Syahrul menuturkan, dana pembangunan pembangkit listrik dengan kapasitas daya maksimum 20 kilowatt (kW) tersebut bersumber dari anggaran Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) senilai Rp3 miliar.

Ini merupakan bagian dari jatah pembangunan dua PLTS di daerah ini untuk tahun 2014 dengan total anggaran Rp5,5 miliar. Dimana satu PLTS lagi sedang dibangun di Desa Tanggabatu, Angkola Barat, dengan anggaran Rp2,5 miliar dan kapasitas daya maksimum 20 kW. Kepala Desa Pargarutan, Parlindungan Siregar, berterima kasih kepada Pemkab Tapsel yang telah merealisasikan pembangunan PLTS di desa tersebut.

Masyarakat setempat selama ini sudah sempat pesimistis akan dapat menikmati aliran listrik mengingat letak geografisnya yang jauh dari pusat perkotaan. “Kami berjanji akan menjaga PLTS tersebut sehingga warga dapat lebih lama menikmati aliran listrik ini,” tuturnya.

Zia ul haq nasution
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6435 seconds (0.1#10.140)