Sajikan Puluhan Jenang dari Berbagai Daerah

Senin, 16 Februari 2015 - 10:21 WIB
Sajikan Puluhan Jenang...
Sajikan Puluhan Jenang dari Berbagai Daerah
A A A
SOLO - Festival Jenang Kota Solo kembali digelar di koridor Ngarsopuro Solo kemarin hingga Selasa (17/2).

Dalam festival tahunan itu, berbagai jenang dari berbagai daerah di nusantara disajikan untuk masyarakat. Jenang-jenang yang disajikan tersebut di antaranya jenang tradisional, seperti sumsum, grendul, procotan, dan jenang putih. Selain itu, ada juga jenang modern, seperti jenang ketan, kacang hijau, serta beberapa jenang berasal dari dua bahan utama itu. Jenang-jenang itu dikreasikan sedemikian rupa dan disajikan dalam festival ini.

Selain itu, disajikan pula berbagai jenang berasal dari luar negeri, seperti Quo Ciiu yang berasal dari China serta beberapa jenang berasal dari negaranegara timur tengah dan India. Ketua Indonesian Chef Asosiation (ICA) Solo, Hendro Purwanto mengatakan, selain jenang- jenang tersebut, ada jenang kreasi baru yang disajikan dalam festival kali ini.

Dia menyebutkan jenang kreasi baru tersebut dinamakan jenang bahari. Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menyebutkan, acara festival jenang tersebut memiliki banyak manfaatkan bagi Kota Solo. Menurutnya, dengan festival itu Kota Solo akan lebih terkenal di penjuru Indonesia dan bahkan di berbagai penjuru dunia.

Selain itu, festival juga akan semakin menunjukkan jati diri masyarakat Kota Solo yang kreatif. Menurutnya, jika masyarakatnya tidak kreatif, festival semacam ini tidak akan digelar di Kota Solo. Menteri Perindustrian Saleh Husin mengaku sangat bangga dengan festival yang digelar kali ini.

Meskipun dirinya belum pernah mengetahui apa itu makanan yang disebut dengan jenang tersebut. Pihaknya berharap acara itu bisa dikembangkan lagi agar lebih maksimal.

Arief setiadi
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)