Purwakarta Miliki Kantor Kecamatan Termegah di Jawa Barat

Minggu, 15 Februari 2015 - 10:35 WIB
Purwakarta Miliki Kantor Kecamatan Termegah di Jawa Barat
Purwakarta Miliki Kantor Kecamatan Termegah di Jawa Barat
A A A
PURWAKARTA - Ingin melihat kantor kecamatan yang bentuk bangunannya unik dan megah? Anda bisa lihat itu di Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta. Ya,Kabupaten Purwakarta bisa dikatakan memiliki kantor kecamatan termegah di Jawa Barat.

Kantor kecamatan itu berada di Kecamatan Plered yang baru selesai dibangun pertengahan 2014 lalu dengan menghabiskan anggaran Rp27 Miliar yang bersumber dari APBD kabupaten. Bentuk bangunan kantor menggunakan didesain Julang Ngapak atau bangunan khas sunda.

Kantor kecamatan yang berdiri di lahan seluas 4.950 meter itu dilengkapi berbagai fasilitas, baik fasilitas untuk para pegawai maupun fasilitas pelayanan masyarakat. Bahkan, di halaman kantor dibuat pendopo dan juga taman air mancur yang cukup megah.

Pagar yang mengelilingi kantor ini dibuat seperti benteng yang kokoh dengan desain gapura kembang melati. Di tengah lapangan upacara tiang bendera beton menjulang ke langit terlihat kokoh. Selain itu, di sudut-sudut kantor dihiasi puluhan bucibuci grabah dan keramik yang dibuat warga setempat.

Keramik dan gerabah adalah ikon Kecamatan Plered yang terkenal sebagai Kota Keramik. Sepintas kantor Kecamatan Plered ini bak bangunan minatur keraton atau kerajaan. Dari jauh kantor ini terlihat indah dan berkelas.

“Untuk itu kantor Kecamatan Plered diklaim sebagai kantor kecamatan termegah di Jawa Barat,” ungkap Camat Plered Asep Gumilar saat bebincang dengan KORAN SINDO kemarin.

Menurutnya Kantor Kecamatan Plered, sengaja dibuat cukup megah. Alasanya karena Plered adalah kota wisata. Banyak warga dari luar Purwakarta yang datang ke Plered, baik untuk berburu keramik maupun melihat lansung cara pembuatanya. Selain itu juga Plered terkenal dengan kulinernya yakni sate.

“Bayak potensi-potensi lain di Plered. Sehingga Pemkab Purwakarta dalam hal ini Bupati Dedi Mulyadi terus melakukan penataan di Kecamatan Plered. Penataan tersebut salah satunya merelokasi Pasar Plered dan lahan bekas pasar dibuat kantor kecamatan ini,” ujar Asep.

Dengan keberadaan kantor kecamatan yang cukup megah dan strategis ini pihaknya berharap bisa melayani masyarakat lebih maksimal. Selain itu juga memudahkan masyarakat untuk mengurus segala sesuatunya yang menyangkut administrasi kependudukan dengan nyaman.

DIDIN JALALUDIN
(bhr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5766 seconds (0.1#10.140)