Alex Komang Tutup Usia

Sabtu, 14 Februari 2015 - 11:56 WIB
Alex Komang Tutup Usia
Alex Komang Tutup Usia
A A A
SEMARANG - Aktor senior, Alex Komang meninggal dunia tadi malam sekitar pukul 20.00 WIB. Pria asal Jepara ini mengembuskan napas terakhirnya saat menjalani perawatan di RSUP Dr Kariadi, Semarang.

Alex sudah masuk ke kamar perawatan pada Kamis (12/2) di Paviliun Garuda VIP A kamar 428. Selanjutnya, jasad pria bernama asli Saifin Nuha itu rencananya dimakamkan hari ini (Sabtu, 14/2) di Pecangaan, Jepara, sebelum waktu zuhur.

Keponakan Alex, Izar Fauzi mengatakan, sebelum menjalani perawatan di Semarnag, pamannya itu dirawat di RS Cempaka Putih, Jakarta. Pemindahan perawatan ke rumah sakit di Kota Semarang didasari alasan lebih mudah dijangkau keluarga yang tinggal di Jepara. “Dibawa ke Semarang biar dekat keluarga,” katanya, kemarin.

Izar melanjutkan, sang paman mengalami Hepatitis B dan sudah menjalani perawatan sejak Desember 2014. Penyakit ini sudah lama menjangkiti tubuh Alex. “Kalau yang dirasakan saya tidak tahu, tapi sudah lama mungkin sejak usia muda. Saya sendiri tahu pas pengobatan akhir-akhir ini, sebelumnya tidak pernah diobati,” tuturnya.

Direktur Umum dan Operasional RSUP Dr Kariadi Semarang, Dr Darwito menyatakan, saat masuk rumah sakit, Alex mengeluhkan sakit perut kronis. “Ada tiga dokter yang menangani,” kata Darwito.

Alex Komang yang lahir 17 September 1961 pernah membintangi beberapa film nasional. Kemampuan aktingnya tidak diragukan. Terbukti, Alex pernah menyabet penghargaan sebagai aktor terbaik dalam Festival Film Indonesia tahun 1987. Saat ini, Alex tercatat sebagai Ketua Badan Perfilman Indonesia (BPI) periode 2014-2017. Alex antara lain pernah membintangi Secangkir Kopi Pahit , Ca Bau Kan, Laskar Pelangi , dan S “.

Kabar duka ini langsung menyebar luas. Di media sosial, ucapan duka mengalir dari banyak pihak. Alissa Wahid, putri mantan Presiden ke-4 RI Abdurrahmad Wahid, dalam akun Twitter-nya @AlissaWahid menulis “selamat jalan pulang @AlexKomang2000. Semoga rahmatNya mendekapmu dalam keabadian”.

Sutradara Hanung Bramantyo lewat @Hanungbramantyo juga menyampaikan dukacita: “Selamat jalan mas Alex Komang .... “. Aktris Wulan Guritno juga menulis di Twitter @WulanGuritno, “Innalilahi telah berpulang Alex komang. RIP now om. U will be really missed. Terima kasih atas karya-karyamu dan perjuanganmu untuk perfilman.”

Aktris Happy Salma yang sempat beradu akting dengan Alex dalam film T “ yang dirilis pada 1 Juli 2011 lalu mengenang kembali kebersamaannya bersama sang aktor melalui akun Twitter-nya. “Masih hangat di ingatan, diskusi panjang dengannya. Banyak tertawa. Dan perenungan-perenungan dalam. Selamat jalan sahabatku Alex Komang,” tulisnya.

Hendrati hapsari / Hanna/ant
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9161 seconds (0.1#10.140)