Warga Berharap Jembatan Cimanis Segera Diperbaiki

Jum'at, 13 Februari 2015 - 15:16 WIB
Warga Berharap Jembatan...
Warga Berharap Jembatan Cimanis Segera Diperbaiki
A A A
CIREBON - Sebelum putus, kondisi Jembatan Cimanis sudah dilaporkan ke Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Namun, belum ada tindak lanjut hingga jembatan akhirnya putus.

Menurut Kuwu (kepala desa) Kaligawe Entis Sutisna, Jumat (13/2/2015), saat kejadian, air sungai tak deras dibanding tahun lalu. Putusnya jembatan hanya tinggal menunggu waktu. Dia pun meminta instansi terkait secepatnya memperbaiki jembatan tersebut.

Menurut dia, jembatan tersebut pernah diperbaiki pada 1991 ketika ambruk akibat salah satu dari dua pilar roboh tergerus air sungai deras. Namun, saat itu hanya pilar yang rusak yang diperbaiki, sedangkan pilar lainnya dibiarkan.

Pilar yang kala itu tak diperbaikilah yang kini keropos dan membuatnya tak kuat lagi menahan beban. Dia mengatakan, pada zaman Belanda jembatan itu dibuat dari kayu dan digunakan sebagai akses angkutan tebu.

Diberitakan sebelumnya, ribuan warga empat desa di dua kecamatan di Kabupaten Cirebon terisolasi akibat putusnya Jembatan Cimanis. Jembatan di anak Sungai Cisanggarung, sepanjang sekitar 50 meter dan setinggi sekitar 30 meter di Kecamatan Susukanlebak itu putus Kamis (12/2/2015) malam.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0808 seconds (0.1#10.140)