Benda Diduga Fosil Gajah Purba Ditemukan di Sungai

Kamis, 12 Februari 2015 - 19:27 WIB
Benda Diduga Fosil Gajah Purba Ditemukan di Sungai
Benda Diduga Fosil Gajah Purba Ditemukan di Sungai
A A A
PEKALONGAN - Sebuah benda yang diduga fosil gajah purba, ditemukan warga Dukuh Kauman, Desa Kesesi, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan. Benda yang menyerupai rahang dan gigi itu, ditemukan di sungai.

Taryanto (35), warga RT2/5, warga setempat yang menemukan fosil itu mengatakan, dirinya menemukan benda diduga fosil gajah purba itu saat menggali pasir di sungai setempat, pada Selasa 3 Februari 2015.

"Saya menemukannya di kedalaman dua meter dari dasar sungai. Di atas fosil itu terdapat tumpukan kayu," katanya, saat ditemui wartawan, di rumahnya, Kamis (12/2/2015).

Awalnya, Taryanto mengira benda tersebut sebongkah kayu. Namun setelah diangkat bentuknya menyerupai tulang. "Saya penasaran dan saya bawa pulang. Sebab bentuknya seperti rahang dinosaurus," terangnya.

Selama mendapatkannya, benda yang menyerupai rahang dan gigi gajah purba itu dibiarkan di samping rumahnya. Baru sekitar tiga hari lalu benda tersebut dibersihkannya.

"Kan masih bercampur pasir dan lumpur. Setelah saya bersihkan baru benar-benar kelihatan bentuknya seperti rahang," jelasnya.

Sementara Istri Taryanto, Fitroh (35) mengaku tidak mengetahui benda tersebut fosil benda purbakala. Dia mengira yang dibawa pulang sang suami tersebut kayu bakar.

"Setelah zuhur, suami pulang bawa benda itu. Saya kira ya kayu bakar, sebab hanya diletakkan di samping rumah saja. Tapi bilangnya tulang dinosaurus. Saya kira bercanda. Setelah dicuci, baru kelihatan memang seperti rahang dalam ukuran besar," ungkapnya.

Hingga kini, fosil gajah diduga purba dengan berat sekitar 15 kilogram dan panjang sekitar setengah meter itu masih berada di rumah Taryanto. Namun dirinya tidak mempermasalahkan jika benda itu diserahkan ke pemerintah.

"Tidak apa-apa, yang penting sesuai prosedur saja," tambah Fitroh.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8509 seconds (0.1#10.140)