Tim SAR di Sulselbar dan Sulteng Mulai Ditarik ke Pangkalan

Rabu, 11 Februari 2015 - 19:24 WIB
Tim SAR di Sulselbar dan Sulteng Mulai Ditarik ke Pangkalan
Tim SAR di Sulselbar dan Sulteng Mulai Ditarik ke Pangkalan
A A A
PAREPARE - Tim SAR gabungan dari Palu, Pinrang, Parepare, Barru, Mamuju serta Majene, Sulawesi Barat dan Donggala, Sulawesi Tengah terhitung Rabu (11/2/2015) mulai ditarik ke pangkalannya masing-masing.

Kepala Basarnas Makassar, Roki Asikin mengatakan, ditariknya pasukan tim SAR bukan berarti dihentikannya pencarian terhadap serpihan dan korban pesawat nahas yang jatuh di Perairan Selat Kalimata pada Desember 2014 lalu.

Basarnas Makassar akan terus bergerak mencari, menyusuri dan jika ada informasi akan langsung bergerak.

"Operasi siaga harian tetap kita lakukan. Posko yang di Parepare kita pindahkan ke Pinrang karena di wilayah tersebut dicurigai sebagai lokasi paling banyak serpihan ataupun korban yang terbawa arus," paparnya, Rabu malam (11/2/2015).

Roki menjabarkan, dari hasil pencarian tim gabungan Basarnas dibantu nelayan, sebanyak 76 serpihan yang ditemukan.

21 serpihan diantaranya ditemukan di Perairan Donggala, Sulteng. Selain itu, katanya, 12 jenazah masing-masing 6 bodypar ditemukan di Pinrang dan 6 bodypar ditemukan di Pinrang, juga berhasil ditemukan dalam operasi tersebut.

"Seluruh serpihan temuan tersebut akan kita gelar di Makassar untuk selanjutnya dikoordinasikan dengan KNKT serta pihak AirAsia sebagai bahan masukan," paparnya.

Sementara itu, Koordinator Basarnas Palu, Mercy R mengatakan, 21 serpihan yang diserahkan pihaknya kepada Basarnas Makassar, diantaranya dua serpihan yang diduga bagian sayap berukuran 5.3 meter dan 4.2 meter, kursi pesawat bagian eksekutif (bisnis) dan kursi kelas ekonomi, serpihan sekat pesawat, kabin serta beberapa serpihan halus lainnya.

"Dari serpihan tersebut, 12 diantaranya merupakan temuan kelompok nelayan yang kebetulan melaut mencari ikan di Teluk Palu," jelasnya.

Selain itu, kata Mercy lagi, serpihan yang ditemukan ditemukan di Perairan Mamuju diantaranya 6 bodypar serta serpihan jendela.

"Seluruh temuan tersebut kita serahkan ke Basarnas Makassar sesuai arahan prosedural," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6824 seconds (0.1#10.140)