Kronologi Jatuhnya Pesawat Sekolah Penerbangan Flybest

Selasa, 10 Februari 2015 - 15:11 WIB
Kronologi Jatuhnya Pesawat Sekolah Penerbangan Flybest
Kronologi Jatuhnya Pesawat Sekolah Penerbangan Flybest
A A A
BATAM - Pesawat latih jenis Cessna 152 mengalami windcrash setelah mendarat di landasan Bandara Hang Nadim. Pesawat latih milik Flybest Academy tersebut diterbangkan oleh Sean Calfer (19), dari Kota Tanjung Pinang.

Berikut kronologis jatuhnya pesawat, berdasarkan keterangan dari Kabag Umum Bandara Hang Nadim Batam Suwarso.

Pesawat terbang dari Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang, sekitar pukul 10.15 WIB. Kemudian mendarat di Bandara Hang Nadim, pukul 10.34 WIB.

Setelah mendarat, pesawat sempat dihantam angin dua kali dengan kecepatan 15-16 knot. Pesawat kemudian jumping, dan tiang penyangga roda depan kemudian patah.

Setelah patah, lambung pesawat yang terdapat saluran bahan bakar tergores, dan tersambar percikan api. Siswa penerbang asal Jakarta sempat keluar, dan menjauh dari pesawat sehingga tidak mengalami luka.

Petugas pemadam kebakaran Bandara Hang Nadim kemudian berusaha memadamkan api. Setelah api dipadamkan, petugas mengevakuasi bangkai pesawat, sekitar pukul 11.20 WIB, diteruskan dengan membersihkan landasan.

Setelah landasan dibersihkan, terlihat landasan pacu yang hitam bekas terbakar berukuran 60x120 cm. Namun tidak berpengaruh terhadap aktivitas pendaratan ataupun pemberangkatan. Pukul 12.00 WIB, aktivitas normal kembali.

Diketahui, Sean Calfer telah mengantongi 140 jam terbang dengan Private Pilot Licenced (PPL). Akibat kecelakaan tersebut, dia mengalami trauma dan masih dimintai penjelasan oleh senior pilot yang ada.

Akibat kecelakaan tersebut, jadwal pemberangkatan empat pesawat tujuan Jakarta dan Medan sempat tertunda hingga pukul 12.00 WIB. Sedangkan pesawat Citylink yang hendak mendarat sempat berputar-putar sebelum dipersilahkan otoritas bandara.

Namun, Suwarso menjelaskan tak ada korban dalam insiden yang berlangsung cepat tersebut. "Tak ada korban dalam insiden ini," ujar Suwarso.

Hingga berita ini dibuat, belum ada keterangan resmi dari Sekolah Penerbangan Flybest.

Baca juga: Pesawat Latih Sekolah Penerbangan Flybest Jatuh
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8629 seconds (0.1#10.140)