Napi Lapas Pekalongan Meninggal

Senin, 09 Februari 2015 - 15:46 WIB
Napi Lapas Pekalongan Meninggal
Napi Lapas Pekalongan Meninggal
A A A
PEKALONGAN - Seorang narapidana (napi) Lapas Kelas IIA Kota Pekalongan meninggal. Warga binaan lapas itu diketahui meninggal karena menderita penyakit TBC.

Kalapas Kelas IIA Kota Pekalongan Suprapto membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya, napi tersebut diketahui bernama Muslik (38), warga Petamburan, Jakarta Pusat. Menurutnya, Muslik meninggal di Rumah Sakit Kraton, Minggu (8/2/2015) malam.

"Sejak sore sudah anfal, habis isya kami bawa ke rumah sakit. Kami mendapatkan kabar melalui Kasi Bimbingan dan Pembinaan Napi/Anak Didik (Binadik) Lapas Kelas II A Kota Pekalongan Pak Roni Darmawan, sekitar pukul 21.00 WIB, dan langsung kami hubungi pihak keluarga," paparnya, Senin (9/2/2015).

Dia mengungkapkan, warga binaan dalam kasus narkoba itu sudah lama menderita TBC sehingga diisolasi di poliklinik setempat.

"Dia (Muslik) terkena TBC sejak September 2012. Sehingga kami isolasi agar tidak menular ke warga binaan lain. Jadi memang selama ini tinggalnya di poliklinik lapas," ungkapnya.

Namun, lanjut dia, sekitar sebulan terakhir, penyakit yang diderita Muslik bertambah parah sehingga berulang kali Muslik dibawa ke rumah sakit. "Dua minggu lalu juga kami bawa ke lab."

Kasi Binadik Lapas Kelas II A Kota Pekalongan Roni Darmawan menambahkan, pihak lapas juga sudah melakukan penanganan khusus terhadap Muslik.

"Kami juga tangani dengan oksigen. Sehari dibutuhkan dua tabung untuk penanganan korban. Selain itu, kami juga sudah melaporkan dan terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Pekalongan," jelasnya.

Dia menambahkan, Muslik merupakan napi kasus narkoba. Muslik divonis enam tahun penjara. "Sudah sekitar tiga tahun menjalani hukuman. Total warga binaan kami 441, sedangkan yang kasus narkoba 369 orang," tambahnya.

Setelah disemayamkan di kamar jenazah RSUD Kraton, pihak keluarga mengambil jenazah Muslik untuk dibawa pulang dan dimakamkan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3451 seconds (0.1#10.140)