Medan Bakal Ramai dengan Merpati

Senin, 09 Februari 2015 - 14:34 WIB
Medan Bakal Ramai dengan...
Medan Bakal Ramai dengan Merpati
A A A
MEDAN - Ribuan warga Kota Medan terlihat antusias mengikuti car free day yang dipusatkan di Jalan Sudirman, persisnya depan rumah dinas wali kota Medan, Minggu (9/12).

Selain diisi kegiatan olahraga seperti senam dan bersepeda, car free day juga diisi dengan pelepasan ratusan ekor burung. Dengan begitu, Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ini nantinya diharapkan menjadi kota yang ramai dengan burung dan bebas polusi kendaraan bermotor. Kegiatan car free day ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan tahun ini.

Selain ribuan masyarakat yang hadir, event yang digelar dalam rangka menyosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan terhadap kendaraan bermotor turut dihadiri Kapolda Sumut, Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo; Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Edy Rahmayadi; Kapolresta Medan, Kombes Pol Nico Afinta; para pimpinan SKPD, camat, dan lurah se-Kota Medan.

Sejak pukul 05.30 WIB, warga sudah terlihat berdatangan ke lokasi car free day untuk mengikuti serangakaian kegiatan yang digelar. Acara diawali dengan pelepasan ratusan burung merpati yang dilakukan kapolda bersama pangdam I/BB, wali kota Medan, dan kapolresta Medan, didampingi sejumlah pimpinan SKPD.

“Semoga Kota Medan ke depannya akan menjadi kota yang dipenuhi burung. Kemudian menjadi kota yang bersih dan sehat sehingga semakin dicintai seluruh masyarakatnya. Di samping itu, seluruh masyarakatnya akan hidup lebih bahagia dan sejahtera,” kata kapolda sebelum melepaskan burung. Usai pelepasan burung, acara dilanjutkan dengan pelepasan fun bike oleh kapolda bersama wali kota. Pangdam ikut serta dalam fun bike itu bersama masyarakat, pimpinan SKPD, camat, dan lurah.

Sedangkan bagi warga yang tidak ikut fun bike , mereka mengikuti senam bersama dipandu sejumlah instruktur. Untuk memeriahkan car free day kali ini, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) selaku penyelenggara kegiatan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Medan menggelar lomba mewarnai untuk anak-anak PAUD dan TK persis di sebelah rumah dinas wali kota. Lomba ini diikuti ratusan anak-anak.

Mereka tampak serius mewarnai kertas gambar yang telah disediakan, disaksikan orang tuannya masing-masing. Selain itu, car free day juga diikuti para pelaku UMKM, terutama pedagang kuliner untuk membuka stan. Kemudian menyediakan pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah bagi warga yang ingin menyumbangkan darahnya. Sedangkan acara puncak diisi dengan pemberian hadiah menarik bagi peserta yang beruntung melalui lucky draw .

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, mengatakan, selain mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor, car free day dilaksanakan untuk memupuk silaturahmi dan kebersamaan antara pemerintah dengan masyarakat. Dengan kebersamaan ini diharapkan akan terbentuk sinergitas yang kuat untuk menjadi modal dalam melaksanakan pembangunan. Karena itu, kata Eldin, car free day akan dilaksanakan rutin.

“Selain menjalin kebersamaan, melalui car free day kita ingin mengajak masyarakat membudayakan olahraga dalam kehidupan sehari-hari. Dengan rajin berolahraga, masyarakat akan sehat, sehingga seluruh aktivitas maupun pekerjaan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar,” ucap Eldin. Sementara itu, Kadispora Kota Medan, Abd Azis, mengungkapkan, pelepasan ratusan burung yang dilaksanakan dalam car free day kali ini sebagai simbolis untuk menyambut kedatangan Kapolda Sumut yang baru, Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo.

Terlebih kapolda pun ingin kegiatan car free day digelar rutin setiap pekan. Untuk itu, Pemko Medan melalui Dispora akan menin-daklanjutinya. Dengan begitu masyarakat bisa menikmati rangkaian kegiatan olahraga dengan membawa anggota keluarganya sekaligus bersilaturahmi dengan pemerintah.

Lia anggia nasution
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9003 seconds (0.1#10.140)