Kawasan Perkotaan Cepat Tergenang

Senin, 09 Februari 2015 - 14:23 WIB
Kawasan Perkotaan Cepat Tergenang
Kawasan Perkotaan Cepat Tergenang
A A A
SUKOHARJO - Hujan deras disertai angin kencang pada Sabtu (7/2) sore menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan genting rumah warga beterbangan. Genangan juga muncul di beberapa titik karena drainase tidak berfungsi baik.

Kabid Operasional SAR Sukoharjo Muclis menjelaskan, hujan deras dan angin kencang terjadi merata di Kabupaten Sukoharjo. Sebelum bencana datang kondisi cuaca sebenarnya sangat panas. Kemudian mendadak muncul mendung hitam pekat dan angin kencang. “Hujan deras disertai angin membuat banyak pohon tumbang dan genangan di mana-mana khususnya perkotaan,” katanya.

Genangan muncul di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Veteran, Jalan Moewardi, Jalan Slamet Riyadi, juga gang-gang kampung. Air hujan tidak bisa mengalir akibat saluran bermasalah. Genangan yang cukup tinggi membuat warga dan pengguna jalan terganggu. Menurut Muclis, selain hujan, angin kencang juga melanda merata di Kabupaten Sukoharjo. Kondisi paling parah terjadi di Kedungsari, Kepuh, Kecamatan Nguter.

Di lokasi tersebut, terdapat 10 rumah warga yang rusak pada bagian atap setelah genting beterbangan. Beruntung dalam kejadian tidak ada korban jiwa. Angin kencang juga mengakibatkan sejumlah pohon tumbang ke jalan. Seperti terjadi di depan Rumah Sakit Nirmalasuri, di mana pohon tumbang menimpa sebuah truk yang kebetulan melintas. Beruntung sopir dan kernet truk dalam kondisi selamat.

“Untuk pohon tumbang terjadi merata seperti di wilayah Kelurahan Gayam, Sonorejo, Bulakrejo Kecamatan Sukoharjo Kota dan di Kepuh Kecamatan Nguter,” ujarnya. Pohon yang tumbang tersebut juga menimpa kabel listrik yang menyebabkan terjadinya pemadaman di sejumlah lokasi. Hal senada diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo Suprapto.

Menurut dia, hujan disertai angin kencang membuat pohon tumbang dan puluhan atap rumah warga rusak. Meski begitu, dari data yang masuk, angin kencang tidak menyebabkan kerusakan parah. Rumah yang rusak hanya di bagian atap karena genting terbang disapu angin.

“Petugas bersama SAR langsung ke lokasi untuk evakuasi pohon yang tumbang melintang di jalan. Ada pohon yang tumbang menimpa truk di Ngemul, Bendosari,” ujarnya.

Sumarno
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4970 seconds (0.1#10.140)