46 Warga Dukuh Geritan Terkena Chikungunya

Sabtu, 07 Februari 2015 - 02:06 WIB
46 Warga Dukuh Geritan Terkena Chikungunya
46 Warga Dukuh Geritan Terkena Chikungunya
A A A
KAJEN - Setidaknya 46 warga Dukuh Geritan, Desa Kayugeritan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, terserang penyakit chikungunya.

Hal itu membuat pihak terkait melakukan pengobatan massal, dan penyuluhan kepada masyarakat setempat.

"Begitu mendapat laporan banyak warga yang terkena penyakit demam dan nyeri sendi hampir bersamaan, kami pihak desa langsung melaporkan kejadian itu ke Puskesmas Karanganyar," kata Kepala Desa Kayugeritan, Mulyatno, Jumat (6/2/2015).

Petugas puskesmas langsung melakukan pendataan dan pengobatan massal ke desa tersebut dan langsung memberikan penyuluhan kepada masyarakat di Dukuh Geritan.

"Tahun-tahun sebelumnya tidak ada yang terkena chikungunya. Jadi ini yang pertama kali terjadi di kampung kami. Yang sering biasanya DB, tapi alhamdulilah kali ini tidak ada," ungkapnya.

Kepala Puskesmas Karanganyar, dr Suryadi, mengatakan, setelah mendapatkan laporan adanya warga yang menderita penyakit panas dan nyeri sendi, pihaknya langsung melakukan penyelidikan epidemilogi, pendataan, dan pengobatan massal.

"Dari hasil penyelidikan itu, kami temukan sedikitnya 46 warga Dukuh Geritan mengalami gejala penyakit chikungunya. Kejadian ini juga sudah kami laporkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan," katanya.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8483 seconds (0.1#10.140)