Eksis Melahirkan Jurnalis Berkualitas

Jum'at, 06 Februari 2015 - 11:51 WIB
Eksis Melahirkan Jurnalis Berkualitas
Eksis Melahirkan Jurnalis Berkualitas
A A A
MEDAN - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Teropong UMSU mengadakan Musyawarah Besar (Mubes) ke-XIV di Villa Sapu Ijuk Berastagi, Minggu (1/2).

Mubes ini merupakan kegiatan rutin Teropong dalam rangka melahirkan jurnalis berkualitas. Memimpin Teropong UMSU 2014-2015, Mara Fenji Lubis, mengungkapkan, ada 100 peserta yang mengikuti mubes ini. Peserta tersebut terdiri dari anggota magang, muda, dan pengurus. Selain dari internal organisasi, peserta juga berasal Forum Alumni Teropong UMSU (Format), karena Format juga memiliki hak suara pada mubes ini.

Fenji menjelaskan, agenda acara dimubes tersebut diantaranya pembahasan AD/ART Teropong, perkenalan Format kepada anggota Teropong, dan pemaparan laporan pertanggungjawaban (LPJ). Fenji berharap, ke depannya Teropong bisa melahirkan bibit-bibit jurnalis yang bisa diandalkan di masa mendatang.

“Sudah sangat sedikit sekali penulis hebat yang lahir dari Pers Mahasiswa. Kami rindu sekali masa ‘98 ketika pers mahasiswa menjadi media alternatif di Indonesia. Sebab, saat itu media mainstream dibungkam pemerintah,” ungkapnya.

Sekretaris Format, Nirwan Sukartara, menambahkan, For mat sangat mendukung penuh kegiatan mubes ini. Dengan mubes tersebut, kader Teropong bisa meneruskan kepengurusan mendatang. Selain memiliki kader cukup banyak, Nirwan berharap Teropong dapat melahirkan jurnalis mumpuni.

Apalagi saat ini alat teknologi sudah sangat mendukung untuk bekerja sebagai seorang jurnalis. Sementara itu, PR III UMSU, Arifin Gultom, mengaku bangga melihat Teropong yang semakin eksis sampai saat ini. Apalagi alumninya banyak bekerja di media masa baik cetak maupun elektronik.

Ini suatu kebanggaan bagi UMSU yang sudah mencetak jurnalis yang dapat diandalkan. Ini juga membantu UMSU, agar mahasiswanya tidak menganggur. Kata Arifin, media massa saat ini cukup berkembang pesat di Indonesia dan menjadi kekuatan tersendiri.

Apabila sudah ditempa di kampus, perusahaan media tentu akan senang memakai jasa jurnalis yang ada di kampus. Diketahui, pada mubes tersebut Salamun Nasution terpilih sebagai Pemimpin Teropong untuk periode 2015-2016.

Nuri Fadila
Pimpred Teropong UMSU 2014-2015
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6000 seconds (0.1#10.140)