Polda Dapat Hibah dari Sibolga-Tapteng

Kamis, 05 Februari 2015 - 11:40 WIB
Polda Dapat Hibah dari Sibolga-Tapteng
Polda Dapat Hibah dari Sibolga-Tapteng
A A A
SIBOLGA - Enam aset daerah milik Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Tengah (Tapteng) dihibahkan kepada Polri melalui Polda Sumut.

Keenam aset milik Pemko Sibolga dan Pemkab Tapteng yang dihibahkan, yaitu lahan dan bangunan kantor POLSUB Sektor Sibolga Utara, kantor dan bangunan Polsub Sektor Sibolga Kota, lahan dan bangunan Polsek Sibolga Selatan, lahan dan bangunan kantor Polres Sibolga, lahan dan bangunan Kantor Satlantas Sibolga, serta lahan dan bangunan rumah dinas Kapolres Sibolga.

Penyerahan keenam aset itu dilakukan resmi dengan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk dan Kapolda Sumut Irjen Pol Hadi Eko Sutedjo, Rabu (4/2). Penyerahan aset tersebut bersamaan dengan peresmian Kantor Polsub Sektor Sibolga Utara dan Kantor Polsub Sektor Sibolga Kota.

Kapolda Pol Eko Hadi Sutedjo dalam arahannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk dan Plt Bupati Tapteng Sukran Jamilan Tanjung yang berkenan memberikan hibah tanah dan bangunan kepada Polri melalui Polres Sibolga. Dia mengaku bangga melihat kekuatan masyarakat Kota Sibolga dan Kabupaten Tapteng mendukung kinerja Polri.

“Inilah kekuatan polisi sebenarnya. Selama ini sangat jarang pemerintah daerah mau memberikan hibah kepada kepolisian. Tapi, Sibolga dan Tapteng tahu apa yang dilakukan karena memang wali kota dan bupati sebelumnya, pernah duduk sebagai anggota DPR dan anggota DPRD Sumut sehingga memahami proses hibah,” tuturnya.

Kapolda menegaskan, pemberian hibah ke kepolisian tidak akan merugikan pemerintah daerah dan masyarakat. Sebaliknya, justru menguntungkan karena keberadaan kantor polisi atau polsek langsung akan memberikan efek atau dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi, termasuk sosial budaya dan lainnya dalam keamanan dan kenyamanan daerah.

Kapolres Sibolga AKBP Guntur Agung Soepono berjanji akan mengoptimalkan aset yang dihibahkan tersebut untuk meningkatkan tugas-tugas Polri. Baik dalam melakukan tugas pelayanan, perlindungan, pengayoman, dan penegakan hukum.

“Apalagi Polres Sibolga juga nanti akan menerima hibah lainnya berupa perangkat komputer untuk Kantor Satlantas Sibolga, 10 sepeda motor trail, 20 unit Handy Talky (HT), dan kapal patroli laut. Terima kasih kepada Wali Kota Sibolga, Ketua DPRD Sibolga, Bupati Tapteng, dan seluruh masyarakat atas hibah ini. Semoga dapat meningkatkan tugas-tugas dan pelayanan Polri,” ujarnya.

Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk mengungkapkan, pemberian hibah ini terkait kedatangan pihak Polda dua tahun lalu dan menyampaikan dari hasil evaluasi keberadaan Polres Sibolga akan dilikuidasi. Hal itu menjadi perhatian serius Pemko Sibolga dan akhirnya ditindaklanjuti dengan pemberian hibah. Alasan lain, kata Syarfi, seiring pertumbuhan daerah dan ekonomi Kota Sibolga perlu diantisipasi dampak gejolak sosial dan kriminal.

“Maka atas dasar ini, Pemko Sibolga secara khusus memberikan hibah tanah dan bangunan untuk pembangunan kantor Polsek dan kantor Polsek lainnya sehingga berdiri di setiap Kecamatan,” kata mantan anggota DPR ini.

Jonny Simatupang
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9100 seconds (0.1#10.140)