Hadi Prasojo Jabat Kasdam IV/Diponegoro

Kamis, 05 Februari 2015 - 11:33 WIB
Hadi Prasojo Jabat Kasdam IV/Diponegoro
Hadi Prasojo Jabat Kasdam IV/Diponegoro
A A A
SEMARANG - Gerbong mutasi bergerak di dalam Markas Kodam IV/Diponegoro. Jabatan Kepala Staf Kodam IV/Diponegoro berpindah tangan dari Brigjen TNI Ibnu Darmawan kepada Brigjen TNI Hadi Prasojo.

Upacara serah-terima jabatan Kasdam dipimpin langsung oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bayu Purwiyono di Serambi Makodam IV/Diponegoro, Semarang, kemarin. Brigjen TNI Hadi Prasojo sebelumnya menjabat sebagai Danpussenarhanud Kodiklat TNI AD. Sedangkan Brigjen TNI Ibnu Darmawan akan menempati pos barunya sebagai Irum Itjenad.

Sebelum serah terima sebagai Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Hadi Prasojo melaksanakan acara tradisi penerimaan prajurit Kodam IV/- Diponegoro. Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bayu Purwiyono menjelaskan serah-terima jabatan ini sebagai upaya pembinaan personal dalam rangka tour of duty dan tour of area guna mewujudkan organisasi yang lebih dinamis.

“Selain itu, juga merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja organisasi dalam rangka pengembangan karier untuk memperoleh pengalaman tugas dan wawasan yang lebih luas,” kata Bayu Purwiyono kemarin. Menurut Pangdam, pangkat dan jabatan adalah amanah yang bersifat sementara dan merupakan titipan dari Yang Mahakuasa, yang manakala tiba saatnya nanti akan dimintai pertanggungjawaban.

“Diharapkan kepercayaan, kehormatan, dan tanggung jawab yang diberikan pimpinan TNI hendaknya diterima dengan rasa syukur kepada Tuhan YME disertai tekad untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab jabatan ini dengan sebaikbaiknya,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Brigjen TNI Ibnu Darmawan atas pelaksanaan tugas dan pengabdiannya selaku Kasdam IV/Diponegoro yang telah menjabat selama kurang lebih 1 tahun 6 bulan dengan baik.

Di sisi lain, Mayjen TNI Bayu Purwiyono menegaskan dalam konteks pembangunan pertahanan negara, aspek nirmiliter seperti swasembada pangan menjadi bagian penting untuk ketahanan daerah dan nasional dalam pertahanan suatu negara. “Ini juga menjadi tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP),” kata Pangdam IV/Diponegoro dalam rapat pimpinan (rapim) bersama jajaran Kodam IV/Diponegoro di Aula Makodam Semarang.

Rapim tersebut merupakan tindak lanjut dari rapim TNI dan TNI AD yang salah satu materinya membahas program swasembada pangan. Kodam bekerja sama dengan pemerintah daerah, instansi terkait, dan para akademisi. “Hal ini untuk mendukung terlaksananya visi pemerintah, yaitu terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong,” papar Pangdam IV/Diponegoro ini.

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Arh Elphis Rudy menambahkan, rapim diikuti 98 pejabat jajaran Kodam IV/Diponegoro yang terdiri atas para pejabat Staf Kodam, Kabalak, Danrem dan Dandim, Dansat, Danyon di jajaran Kodam IV/Diponegoro.

“Hal itu diharapkan mampu menjadi pendorong para peserta rapim untuk melaksanakan Program Kerja dan Anggaran TA 2015 untuk memantapkan kesiapan operasional satuan operasi militer untuk perang (OMP) maupun operasi militer selain perang (OMSP), seperti perbantuan search andrescue , penanggulangan bencana alam,” kata Kapendam.

Ahmad Antoni
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7061 seconds (0.1#10.140)