Sejumlah BPKB Mobil Dinas Milik Pemprov Kaltim Diduga Digadai

Selasa, 03 Februari 2015 - 12:27 WIB
Sejumlah BPKB Mobil Dinas Milik Pemprov Kaltim Diduga Digadai
Sejumlah BPKB Mobil Dinas Milik Pemprov Kaltim Diduga Digadai
A A A
SAMARINDA - Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Mukmin Faisyal menemukan indikasi ada pihak tertentu yang menggadai Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) mobil dinas milik Pemprov Kaltim. Mobil dinas tanpa BPKB ini dia temukan saat mengecek kelengkapan surat mobil dinasnya.

Mukmin mengakui, dia baru mengetahui BPKB mobil dinas yang digunakannya telah tergadai setelah melakukan penelusuran ke Biro Umum, Sekretariat Provinsi (Setprov) Kaltim.

Dari hasil temuannya ini, dia meyakini, mobil-mobil dinas lainnya di lingkup Pemprov maupun di DPRD Kaltim telah tergadai.

“Saya menduga, mobil dinas lainnya, termasuk di DPRD juga seperti itu. Ini harus segera diurus, tidak boleh dibiarkan,” kata Mukmin, Selasa (3/1/2015).

Mukmin menjelaskan, dia sudah meminta Biro Umum dan Biro Perlengkapan Setprov Kaltim menindaklanjuti hal ini.

Mengenai mobil dinasnya, Mukmin menuturkan mobil berjenis Land Cruiser (LC) hitam tersebut digadai oleh pegawai dealer dimana mobil tersebut dibeli.

“Dari hasil penelusuran, yang menggadai itu orang di dealernya. Karena dia banyak utang,” katanya.

Dia menjelaskan, kemungkinan pegawai dealer ini memiliki utang banyak. Sehingga untuk menghindari tagihan terpaksa menyerahkan sejumlah BPKB mobil, termasuk mobil dinas yang ada di Pemprov Kaltim sebagai jaminan.

“Saat diitagih, dia tidak bisa bayar. Orang di dealer ini kemudian menyerahkan BPKB mobil, termasuk mobil dinas saya sebagai jaminan bahwa dia akan melunasi utang,” papar Mukmin.

Pemprov Kaltim kini tengah serius menelusuri keberadaan BPKB mobil dinas ini. Pasalnya, belum diketahui siapa yang memegang kelengkapan surat kendaraan itu.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8398 seconds (0.1#10.140)