Medan Petisah Peduli Lingkungan

Senin, 02 Februari 2015 - 11:22 WIB
Medan Petisah Peduli Lingkungan
Medan Petisah Peduli Lingkungan
A A A
MEDAN - Kecamatan Medan Petisah meluncurkan program Petisah Peduli Lingkungan dengan bersepeda bersama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Medan, pekan lalu.

Peluncuran program Petisah Peduli Lingkungan dipimpin langsung Ketua TP PKK Kota Medan, Rita Maharani, di Kantor Camat Medan Petisah, Jalan Iskandar Muda. Kegiatan ini masuk dalam program Kota Medan Berhias (modern, bersih, hijau, asri dan sehat).

Rombongan TP PKK Kota Medan dan Kecamatan Medan Petisah, termasuk pihak kelurahan dan kepala lingkungan, bersepeda santai mendatangi sejumlah taman di wilayah Medan Petisah untuk membersihkan taman tersebut. Adapun taman yang dibersihkan, yakni taman di Jalan Nibung, Jalan Gajah Mada, Jalan S Parman, dan Bundaran Majestik Jalan Gatot Subroto.

Rombongan juga menanam bunga di taman depan Plaza Medan Fair, di Jalan Iskandar Muda, dan penghijauan di lokasi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Ketua TP PKK Kota Medan, Rita Maharani, mengapresiasikan program Petisah Peduli Lingkungan sebagai salah satu upaya menjalankan program Pemko Medan Berhias.

Dengan adanya program ini, ke depannya para lurah, kepling, dan masyarakat semakin peduli dengan lingkungan, sehingga lingkungan di wilayahnya semakin bersih dan indah. Program ini akan dilaksanakan setiap pekan. “Program yang dilaksanakan setiap pekan ini harus memacu kita agar lebih peduli terhadap lingkungan. Kita harus memberikan contoh kepada warga bahwa kebersihan itu sangat penting,” katanya.

Program Petisah Peduli Lingkungan bersamaan dengan program PKK Kota Medan, yakni Gotong Royong Jumat Barokah (GRJB) yang digelar setiap Jumat, yang dirangkaikan dengan pengajian dua kali setiap pekan. Program GRJB memang difokuskan di Medan Utara karena wilayah tersebut jumlah penduduknya cukup banyak, dan terdiri atas masyarakat yang penghidupannya menengah ke bawah. “

“Program Petisah Peduli Lingkungan ini mendukung program GRJB. Untuk itulah diberikan apresiasi kepada camat Medan Petisah. Saya berharap kegiatan ini dapat ditiru kecamatan lain sehingga nantinya Kota Medan menjadi indah, bersih, sejuk, dan hijau,” ungkap dia.

Sementara itu, Camat Medan Petisah, Rakhmat Adi Syahputra Harahap, mengatakan, program Petisah Peduli Lingkungan dilaksanakan secara berkelanjutan sesuai amanah ketua TP PKK Kota Medan. Pelaksanaan program ini diawali dengan gerakan bersepeda yang terus dikembangkan dengan kegiatan gotong royong membersihkan taman, dan menanam bunga. Selain badan sehat, kegiatan ini juga membuat lingkungan menjadi bersih dan hijau.

“Kami juga akan mengajak masyarakat Medan Petisah bersepeda setiap Jumat serta membersihkan taman dan lingkungan. Kami harapkan masyarakat ikut berpartisipasi,” katanya.

Irwan Siregar
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5687 seconds (0.1#10.140)