Gerindra-PAN Pasti Koalisi

Senin, 02 Februari 2015 - 11:04 WIB
Gerindra-PAN Pasti Koalisi
Gerindra-PAN Pasti Koalisi
A A A
SEMARANG - Peta politik menjelang Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Semarang 2015 terus berubah. PAN yang sebelumnya akan berkoalisi dengan Partai Demokrat justru menjalin kerja sama dengan Partai Gerindra.

PAN dan Gerindra kemarin meresmikan koalisinya dalam menghadapi pilwakot di Hotel Neo Semarang. Dalam penandatanganan kesepakatan bersama, Gerindra diwakili Ketua DPC Suhariyanto didampingi Sekretaris Hermawan Sulis Susnarko, sedangkan PAN diwakili Ketua DPD Wachid Nurmiyanto dan Yanuar Muncar Riyanto.

Seusai penandatanganan koalisi, Suhariyanto menegaskan, Gerindra dan PAN siap mengusung pasangan calon wali kota-wakil wali kota. “Tanpa PAN, Gerindra bukan siapa-siapa, demikian juga PAN, tanpa Gerindra bukan siapasiapa. Kedua partai juga bukan siapa-siapa kalau tidak memiliki pasangan wali kota dan wali kota. Jadi kami sepakat berkoalisi pada pilwalkot mendatang,” katanya.

Dengan berkoalisi, Gerindra dan PAN bisa mengajukan pasangan calon wali kota sendiri. Sebab di DPRD Kota Semarang Gerindra memiliki 7 kursi dan PAN ada 4 kursi. “Koalisi ini dibangun atas dasar kesamaan platform dan tujuan bersamasama membangun Kota Semarang agar lebih baik lagi ke depannya,” ujar Suhariyanto.

Menurutnya, selama lima tahun terakhir, perkembangan Kota Semarang belum maksimal, bahkan stagnan apabila dibandingkan dengan kota-kota lain yang jadi ibu kota provinsi di Pulau Jawa. “Kami prihatin dengan perkembangan Kota Semarang yang belum maksimal, kami ingin lima tahun mendatang lahir figur pembaharu kota yang bisa membawa kota ini lebih maju lagi dan masyarakatnya bisa sejahtera,” ujarnya.

Saat ditanya kapan mulai membuka pendaftaran, Suhariyanto menyatakan, kesepakatan berkoalisi merupakan tahap awal yang akan dilanjutkan dengan langkah-langkah lanjutan seperti pendaftaran dan penjaringan kandidat. “Sampai sekarang belum dibicarakan, yang jelas kami ingin mencari figur yang memiliki elektabilitas tinggi serta mampu membawa Kota Semarang lebih maju lagi,” katanya.

Ketua DPD PAN Kota Semarang Wachid Nurmiyanto menyambut gembira koalisi ini. Menurutnya, koalisi ini bisa menjadi besar dengan dukungan masyarakat Semarang. “Ini embrio koalisi, kami berkomitmen membesarkan koalisi ini,” ujarnya.

Pihaknya juga masih terus menjalin komunikasi intensif dengan partai lain di luar Gerindra dan PAN. “Kami berdua sebenarnya sudah cukup mengajukan calon wali kota dan wakil wali kota pada pilwalkot mendatang, namun kami masih terus menjalin hubungan dengan semua parpol sehingga kekuatannya makin besar,” katanya.

Koalisi Gerindra dan PAN ini menyusul Golkar dan PKS yang lebih dulu menjalin kerja sama. Golkar dan PKS kini telah membentuk tim perumus yang akan menyusun aturan penjaringan calon hingga strategi pemenangannya.

Saat ini hanya PDIP yang sudah membuka penjaringan calon wali kota dan wakil wali kota. Untuk pendaftar wali kota ada dua, yakni Hendrar Prihadi (Wali Kota Semarang saat ini) dan Bambang Husodo (masyarakat umum). Sementara pendaftar wakil wali kota cukup banyak sekitar 16 orang.

M Abduh
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5789 seconds (0.1#10.140)