BPBD Upayakan Relokasi Warga di Dua Desa

Senin, 02 Februari 2015 - 10:49 WIB
BPBD Upayakan Relokasi Warga di Dua Desa
BPBD Upayakan Relokasi Warga di Dua Desa
A A A
BANDUNG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung mengupayakan segera merelokasi warganya yang berada di Desa Rawabogo dan Lebak Muncang, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Tindakan tersebut diambil setelah terjadi pergeseran tanah sejak Jumat (9/1) lalu. Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Bandung Marlan mengatakan, pihaknya masih mencari lahan hunian, selain lokasi pengungsian yang berada di dekat permukiman warga. “Kalau rekomendasi lahan sebagai pengganti sudah ada dengan luas sekitar 1 hektare. Namun, kami sedang mengecek status kepemilikannya,” ujar Marlan.

Menurut dia, lahan di Desa Rawabogo dan Lebak Muncang yang sudah puluhan tahun ditempati warga itu kini sudah tidak layak huni akibat pergeseran tanah. Dia juga sudah melaporkan hal tersebut. “Saat itu Bupati meminta camat dan kades mencari lahan untuk ditempati sekitar 115 KK (kepala keluarga) yang terkena dampak pergeseran tanah,” katanya.

Dijelaskan Marlan, lahan yang kini ditempati terdapat bebatuan yang rentan bergeser. Kalaupun nantinya dilakukan pembenahan dengan berbagai macam program sudah dipastikan akan menelan anggaran besar. Untuk itu, dia menilai lebih baik melakukan upaya relokasi. “Banyak warga yang mengingikan agar rumah yang nantinya dibangun berbentuk panggung. Jadi pemerintah akan membantu proses pembiayaannya,” katanya.

Dia menambahkan, saat ini warga masih berada diposko pengungsian. Alasannya, proses relokasi membutuhkan waktu. Untuk tahap awal, warga akan dibuatkan dulu rumah bambu untuk hunian sementara. Disinggung apakah tidak lebih baik menggunakan tanah carik desa agar tidak perlu membebaskan lahan, Marlan mengaku hal tersebut tidak mungkin. ”Sebab lahan carik desa yang kami tahu berada dilokasi dengan kemiringan lebih dari 60 derajat,” tuturnya.

Seperti diketahui, pada Jumat (9/1) lalu puluhan rumah yang berada di Kampung Legokkiara, Desa Rawabogo, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, terancam meng alami tanah longsor akibat cuaca buruk yang terjadi dalam kurun waktu dua pekan terakhir ini.

Dila Nashear
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7148 seconds (0.1#10.140)