Polresta Sibolga Tambah Dua Polsek

Sabtu, 31 Januari 2015 - 11:45 WIB
Polresta Sibolga Tambah Dua Polsek
Polresta Sibolga Tambah Dua Polsek
A A A
SIBOLGA - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Sibolga menambah dua kantor kepolisian sektor (polsek) guna memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Dimana satu bertempat di Jalan S Parman, Kelurahan Pasar Belakang, Kecamatan Sibolga Kota, dan satu lagi di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Sibolga Ilir, Kecamatan Sibolga Utara (perbatasan Panomboman, Sibolga dan Mela, Kabupaten Tapanuli Tengah). Kedua kantor baru Polsek itu akan dioperasikan dalam waktu dekat.

“Dengan dibangunnya polsek tersebut, kami berharap pelayanan Polri kepada masyarakat lebih dekat, optimal, serta masyarakat merasa aman, nyaman, tenteram dan terkendali,” ungkap Kapolres AKBP Guntur AS di sela meninjau bangunan baru Polsek Sibolga Kota di Jalan S Parman tersebut bersama Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk, dan beberapa pemimpin satuan kerja perangkat daerah (SKPD), Kamis (29/1), sore.

Penambahan kantor baru polsek ini ternyata dipandang sebagai jawaban atas rumor yang berkembang selama ini bahwa Polres Sibolga akan dilebur ke polres tetangga yakni Polres Tapanuli Tengah (Tapteng) yang diketahui merupakan induk dari berdirinya Polres Kota Sibolga.

Menurut rumor, peleburan terpaksa dilakukan karena Polres Sibolga selama ini dipandang tidak mampu memenuhi ekspektasi kebutuhan Polri yang mengharapkan di satu kota minimal berdiri empat atau lima kantor polsek. “Informasinya dulu begitu. Tapi Brigjen Pol Moerdiono sudah turun menyaksikan ke sini dan Polres Sibolga tidak jadi dilebur. Pendirian kantor baru polsek ini murni didasari dan dilatarbelakangi oleh kebutuhan masyarakat,” sebut AKBP Guntur.

Menurut AKBP Guntur, kebutuhan masyarakat itu dijawab pihak Polri sebagai aparatur negara yang harus memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik pelayanan sosial, pembinaan, antisipasi, penegakan hukum, maupun lainnya. Kota Sibolga memiliki empat kecamatan masing-masing Kecamatan Sibolga Utara, Kecamatan Sibolga Kota, Kecamatan Sibolga Sambas, dan Kecamatan Sibolga Selatan.

Selama ini hanya ditangani dua polsek yakni Polsek Sibolga Sambas dan Polsek Sibolga Selatan. Wali Kota Sibolga, Syarfi Hutauruk, menyampaikanantusiasnya atas kehadiran dua kantor polsek tersebut. Dengan hadirnya polsek di setiap kecamatan ini, masyarakat akan semakin merasa aman dan nyaman.

“Kita sampaikan terima kasih, karena pihak kepolisian sudah semakin dekat kepada masyarakat dan tidak lagi harus berkeliling. Apalagi ditambah adanya konsep kapolres, yang menempatkan satu personel polisi sebagai pelayan (parhobas),” ujarnya.

Sementara itu, warga Kelurahan Pasar Belakang menyambut baik kehadiran polsek baru ini. Menurut mereka, dengan adanya kantor polsek itu, para warga pasar belakang kini semakin nyaman dan terpantau.

Jonny Simatupang
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7382 seconds (0.1#10.140)