UMSU Harus Inovatif dan Perbaiki Kualitas

Jum'at, 30 Januari 2015 - 13:25 WIB
UMSU Harus Inovatif dan Perbaiki Kualitas
UMSU Harus Inovatif dan Perbaiki Kualitas
A A A
MEDAN - Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Din Syamsudin, menegaskan, syarat utama perguruan tinggi (PT) yang ingin go international harus memperbaiki kualitas dan mempunyai inovasi.

Setiap PT juga dituntut membangun sikap percaya diri untuk bisa bersaing dalam kompetisi global. “Kelemahan PT kita adalah selalu merasa inferior dan minim inisiatif, sehingga sering kali kita tertinggal dengan negara lain. Rasa percaya diri menjadi kunci untuk bisa bersaing dalam arus internasional,” ungkap Din Syamsudin di sela-sela peresmian Gedung Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) di Jalan Denai, Medan, Kamis (29/1).

Pada kegiatan yang dihadiri Rektor UMSU, Agussani; Ketua Muhammadiyah Sumut, Asmuni; Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut, Dian Armanto, Din Syamsuddin juga mengingatkan, tuntutan iklim global saat ini adalah kualitas dan inovasi, bukan lagi bicara persoalan angka-angka atau kuantitas.

Hanya bangsa yang memiliki sumber daya manusia (SDM) berkualitas akan tampil sebagai pemenang pada kompetisi global. “Sebuah bangsa akan memiliki daya saing yang baik jika ditopang SDM berkualitas. Tapi jika tidak, bangsa itu akan habis diterpa persaingan hebat di iklim global,” ucapnya.

Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi yang banyak memiliki lembaga pendidikan, salah satunya UMSU, harus bertekad menciptakan insan atau lulusan SDM kompetitif, inovatif, dan bermutu internasional. Sebab, dinamika global akan membuat tantangan ke depan semakin berat dan persaingan antarnegara semakin ketat.

Sementara Rektor UMSU, Agussani, mengatakan, pembangunan gedung Program Pascasarjana UMSU di lahan seluas 6.100 meter persegi itu diperkirakan menelan biaya Rp73 miliar lebih. Bangunan itu akan menampung sekitar 1.600 mahasiswa.

Syukri Amal
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7849 seconds (0.1#10.140)