Sri Lanka Boyong Puluhan Menu Bercita Rasa Pedas

Jum'at, 30 Januari 2015 - 13:25 WIB
Sri Lanka Boyong Puluhan...
Sri Lanka Boyong Puluhan Menu Bercita Rasa Pedas
A A A
MEDAN - Pecinta kuliner Kota Medan tidak perlu jauh-jauh ke Sri Lanka untuk menyantap menu khas Negeri Mutiara Samudera Hindia itu.

Selama enam hari, mulai 29 Januari hingga 3 Februari 2015, puluhan menu asal Sri Lanka hadir di Grand Aston City Hall Medan, dan dijamin halal. "Jadi, masyarakat Kota Medan tidak perlu khawatir. Puluhan menu yang disajikan di Sri Lankan Food Festival adalah halal," ujar Chairman Lanka Sportreizen Group, Tilak Weerasinghe, kepada wartawan saat pembukaan Sri Lankan Food Festival, di Grand Aston City Hall Medan, Kamis (29/1).

Puluhan menu Sri Lanka disajikan ala buffet di outlet Spoon Dining, lantai 2, Grand Aston City Hall Medan. Seperti traditional Sri Lankan chicken curry, mutton polkiri baduma, grilled lambs chop crusted with Sri Lankan herbs, fried crab mustard onion stew, polos ambula candy, serta adhal and spinach curry.

Umumnya, aneka menu Sri Lanka memiliki cita rasa pedas yang dipadukan dengan kuah bersantan. Selain itu, tersedia aneka camilan khas Sri Lanka, seperti mun kavum, kokkis, aluwa, athirasa, aggala, dan lainnya. Tilak Weerasinghe menyebutkan, masyarakat Sri Lanka sangat suka pedas, sama seperti masyarakat Kota Medan.

Namun, Sri Lanka memiliki bumbu khas. "Kami tahu, lidah kita beda. Untuk itu, kami berupaya menyesuaikan cita rasa menu makanan yang disajikan di Sri Lankan Food Festival. Namun, kami yakin cita rasa Sri Lanka dan Indonesia tidak jauh berbeda. Terbukti, nasi goreng, makanan khas Indonesia, dengan mudah bisa ditemukan di hotelhotel di Sri Lanka," ucapnya.

Menurut Tilak Weerasanghe, Medan menjadi kota pertama di Indonesia digelarnya Sri Lankan Food Festival. Selanjutnya, promosi yang sama akan digelar di Jakarta. "Di Kota Medan banyak pecinta kuliner. Untuk itulah Medan menjadi kota pertama digelarnya promosi makanan Sri Lanka," ucapnya.

General Manager Grand Aston City Hall Medan, Rizky Darmawan, menyambut baik digelarnya Sri Lankan Food Festival. Menurutnya, makanan tidak sekadar cita rasa, namun terdapat nilai historis di balik menu makanan tersebut. "Event ini mengombinasikan sejarah di balik penyajian menu makanan tersebut," ungkapnya.

Rizky menambahkan, sebagai hotel bintang lima ternama di Kota Medan, Grand Aston City Hall tidak mau dikenal melalui servis kamarnya saja, namun juga melalui menu makanannya." Semoga event ini dapat mengangkat citra Aston Hotel sebagai hotel bintang lima ternama di Kota Medan," paparnya.

Diketahui, Sri Lankan Food Festival terselenggara berkat kerja sama Mihin Lanka Airlines, perusahaan maskapai asal Sri Lanka, dengan Grand Aston City Hall Medan. Country Manager Indonesia, Mihin Lanka Airlines, Malintha Fernando, mengungkapkan, tujuan digelarnya Sri Lankan Food Festival tersebut untuk memperkenalkan varian menu dari Sri Lanka. “Ini menjadi momen bagi Sri Lanka memamerkan menu makanannya,” paparnya.

Selain memperkenalkan menu asal Sri Lanka, Sri Lankan Food Festival itu juga menjadi ajang bagi untuk memperkenalkan destinasi wisata di negaranya. “Untuk itu, dengan bangga kami bekerja sama dengan Grand Aston City Hall Medan menggelar Sri Lankan Festival Food selama enam hari. Festival itu juga menjadi ajang bagi maskapai Minhin Lanka menarik wisatawan asal Indonesia berkunjung ke Sri Lanka,” ujarnya.

Untuk menarik minat penikmat kuliner di Kota Medan ke ajang tersebut, panitia Sri Lankan Food Festival mendatangkan chef langsung dari Sri Lanka. Para Chef tersebut akan mendemonstrasikan secara langsung memasak aneka menu asal Sri Lanka.

Dicky Irawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1822 seconds (0.1#10.140)