Menjijikan, Kerupuk Kulit dari Kulit Sapi Busuk

Kamis, 29 Januari 2015 - 23:33 WIB
Menjijikan, Kerupuk Kulit dari Kulit Sapi Busuk
Menjijikan, Kerupuk Kulit dari Kulit Sapi Busuk
A A A
BANDUNG - Kulit impor asal Australia yang pabrik pengolahannya digerebek polisi, tadi siang ternyata diperuntukan sebagai bahan baku makanan yang sering di konsumsi masyarakat.

"Ini biasanya untuk jadi kikil dan juga kerupuk kulit," ungkap Kapolrestabes Bandung Kombes Pol AR Yoyol, disela-sela penggerebekan, Kamis (28/1/2015).

Yoyol mengungkapkan, kulit tersebut didapat dari Australia. Kulit tersebut lalu dibersihkan, dan diolah untuk dijual kepasaran sebagai produk mentah.

"Kulit sapi impor ini tidak layak. Bahkan, pengolahan dan proses pembersihannya menggunakan bahan kimia berbahaya. Ini tidak layak. Tadi saja ditemukan ada yang sudah belatungan,” terangnya.

Namun, pihaknya belum bisa memastikan bahan kimia apa yang digunakan sebagai penghilang bau dan pemutih kulit tersebut. “Nanti akan diambil sample untuk uji lab,” tuturnya.

Sementara salah seorang pegawai, Dede (42) mengaku, tak tahu pasti penggunaan bahan kimia berbahaya tersebut.

“Setahu saya tidak ada (bahan kimia). Ini hanya direndam pakai air panas, dikerok (bulunya), lalu diinjek-injek. Ini memang kulit sapi, semua dari Ausralia,” bebernya.

Dede mengaku, pabrik tempatnya bekerja sudah beroperasi dua minggu. Sedang dirinya baru bekerja satu minggu. “Setahu saya ini dijual ke Pasar Ciroyom, sama Pasar Gedebage. Gak tahu diolah jadi apa, ini jual mentah ke pasar saja,” tukasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5867 seconds (0.1#10.140)