Korban Banjir Bandang Pesisir Selatan Kekurangan Air Bersih

Minggu, 25 Januari 2015 - 12:28 WIB
Korban Banjir Bandang Pesisir Selatan Kekurangan Air Bersih
Korban Banjir Bandang Pesisir Selatan Kekurangan Air Bersih
A A A
PAINAN - Korban banjir bandang di Kabupaten Pesisir Selatan kekurangan air bersih pasca terjadinya banjir bandang yang menerjang satu kecamatan dan tujuh nagari di daerah tersebut.

Sebanyak 150 orang kepala keluarga (KK) di Kanagarian Salido, Painan terpaksa mengkonsumsi air hujan untuk keperluan minum dan bersih- bersih.

Warga pun berharap adanya bantuan dari permerintah setempat akan air bersih, karena kekurangan air bersih.

Menurut Ujang Abak salah seorang warga, banjir tidak saja merusak bangunan rumah dan area pertanian warga di Kecamatan Ampek Jurai Painan ini, namun juga mengakibatkan rusaknya saluran air bersih serta mencemari sungai dan air sumur milik warga.

Salah satunya terlihat di Kanagarian Salido ini hingga pagi ini warga masih tampak membersihkan rumah dan perabotan rumah tangga mereka dari lumpur.

“Wargapun terpaksa harus menggunakan air sungai yang berwarna coklat dan air isi ulang seadanya untuk keperluan minum, mandi dan bersih-bersih. Bahkan wargapun terpaksa harus menggunakan air hujan atau air laut untuk keperluan minum sehari hari, ” kata Ujang Abak.

Hingga kini di lokasi ini belum tampak adanya bantuan air bersih dari pemerintah setempat. Padahal lokasi ini merupakan salah satu lokasi terparah yang diterjang oleh banjir bandang.

Wargapun berharap segeranya datang bantuan dari pemerintah setempat akan ketersediaan air bersih dan makanan.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.1976 seconds (0.1#10.140)