Usia Sudah 25 Tahun , Baru Sekali Direhab

Jum'at, 23 Januari 2015 - 11:09 WIB
Usia Sudah 25 Tahun , Baru Sekali Direhab
Usia Sudah 25 Tahun , Baru Sekali Direhab
A A A
PALEMBANG - Penerapan program Indonesia Sehat, dengan berbagai jaminan kesehatan yang disediakan pemerintah, baik pusat maupun daerah, belum didukung sarana kesehatan yang memadai.

Salah satunya, bangunan Pus kesmas Pembantu (Pustu) yang berada dalam Kompleks Maskerebet,Kelurahan Talang Kelapa, Kecamatan Alang-Alang Lebar (AAL)mengalami kerusakan. Sejak dibangun 1990, bangunan Pustu yang hanya memiliki tiga ruangan itu, baru satu kali dilakukan proses perbaikan, rehab. Bangunan Pustu dengan jum lah kunjungan cukup ramai itu mengalami kerusakan mulai dari bagian pintu, lantai, plafon hingga dinding.

Bahkan, ketiga ruangan Pustu yang rusak, juga memengaruhi aktivitas layanan kesehatan masyarakat. Bidan yang bertugas di Pustu, Aprillina mengatakan, sejak dibangun sekitar tahun 1989- 1990, bangunan Pustu Maskerebet hanya mengalami sedikit rehab. Beberapa tahun lalu, pernah dilakukan perbaikan pintu, dan beberapa bagian lainnya,namun tidak seluruh bangu nan.

Akibatnya sekarang, banyak bagian bangunan Pustu yang mengalami banyak kerusakan, “Iya, banyak yang rusak ini bangunan. Dua pintu sudah miring, lalu dinding juga sudah retak-retak, dan lantai juga su dah ada yang goyang,” katanya, kemarin. Ia menambahkan, kerusakan yang dialami bangunan Pustu disebabkan karena belum pernah mendapatkan perbaikan yang menyeluruh.

Isma, 34, salah satu pasien me ngatakan, masih tetap memilih Pustu Maskarebet karena lokasinya yang lebih dekat dengan rumah. Jika harus ke Puskesmas AAL membutuhkan jarak tempuh yang lebih jauh, dan harus mengantre lebih lama. Akan tetapi,saat bangunan Pustu yang sudah cukup banyak mengalami kerusakan, maka memang lebih baik dilakukan proses rehab. “Iya, plafonnya rusak-rusak, sempat khawatir, tapi pilih berobat di sini,” katanya.

Dikonfirmasikan hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Palembang Anton Suwindro mengatakan, kerusakan Pustu Maskerebet sudah dilaporkan dan masuk dalam kegiatan inventaris kerusakan bangunan layanan kesehatan masyarakat.

Tasmalinda
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6786 seconds (0.1#10.140)