Eldin Apresiasi RSU Maya Sari

Selasa, 20 Januari 2015 - 10:58 WIB
Eldin Apresiasi RSU Maya Sari
Eldin Apresiasi RSU Maya Sari
A A A
MEDAN - Pemko Medan melalui Dinas Kesehatan Kota Medan terus berupaya meningkatkan derajat kesehatan. Berbagai program mulai dari pencegahan sampai pengobatan terus dimaksimalkan demi meningkatkan derajat kesehatan warga.

Hal itu disampaikan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin saat meresmikan gedung baru RSU Maya Sari di Jalan Marelan Raya, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Sabtu (17/1). Melalui peresmian gedung baru ini, RSU Maya Sari mampu mendukung upaya Pemko Medan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Eldin menjelaskan, saat ini tercatat sedikitnya ada 59 rumah sakit umum dan 19 rumah sakit khusus, baik swasta maupun pemerintah, siap melayani masyarakat hingga saat ini. Ditambah kehadiran puskesmas di kecamatan-kecamatan. Kehadiran rumah sakit dan puskesmas ini tentu sebagai indikator bahwa Medan merupakan kota sehat.

Begitu pun ada rumah sakit yang minim fasilitas. Karena itu, mantan Sekda Kota Medan berharap seluruh rumah sakit yang ada terus berkembang dan membangun secara mandiri demi melayani masyarakat. Selain itu, lebih mengutamakan pelayanan kepada warga kurang mampu.

Eldin menyambut baik peresmian gedung baru RSU Maya Sari ini. Dia berharap kehadiran gedung baru akan memotivasi seluruh jajaran RSU Maya Sari agar semakin aktif menunaikan peran dan tugasnya. Terutama dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Saya juga berharap RSU Maya Sari dapat menolong pasien kurang mampu melalui program- program jaminan kesehatan masyarakat. Di samping itu, saya berpesan kepada pihak rumah sakit supaya tidak membedakan pasien dari kalangan mana pun. Berikanlah pelayanan terbaik,” kata Eldin.

Pada kesempatan itu, Eldin mengatakan, pihaknya juga akan membangun rumah sakit tipe C di kawasan Medan Utara. Rencana ini untuk memberikan pelayanan kesehatan merata kepada masyarakat, terutama warga kurang mampu di wilayah Medan Utara.

Selain itu, Pemko Medan telah membeli lahan di Kelurahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan untuk pembangunan Islamic Centre. Peresmian ini ditandai penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita yang dilakukan oleh wali kota. Setelah itu, wali kota meninjau gedung baru, terutama ruang perawatan, ruang operasi, serta ruang ICU.

Kemudian dilanjutkan dengan silaturahmi dengan seluruh jajaran RSU Maya Sari. Direktur RSU Maya Sari, Kaherdi Andre mengatakan, rumah sakit yang dipimpinnya masuk kategori kelas C. Dengan usia seperempat abad, RSU Maya Sari kini memiliki gedung baru berlantai 5 dilengkapi dengan 150 tempat tidur.

Rumah sakit ini juga memiliki ruang VIP, kelas I, kelas II, dan kelas III, serta ruangan ICU. Selain itu, dilengkapi dengan ruang anak sehat, ruang bersalin, dan ruang pemulihan (recovery). Ditambah dengan ruang poli, baik penyakit dalam, bidan kandungan, THT, mata, dan paru.

“Kami akan terus berupaya meningkatkan pelayanan sehingga masyarakat yang datang berobat kemari merasa puas. Kami juga berupaya membangun gedung dan fasilitas kesehatan sesuai dengan standar kesehatan yang ditetapkan. Itu sebabnya, kami saat ini menjadi provider BPJS dan sejumlah stakeholder lainnya,” kata Kaherdi.

Lia Anggia Nasution
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4684 seconds (0.1#10.140)