Ratusan Polisi Jalani Tes Urine

Jum'at, 16 Januari 2015 - 11:44 WIB
Ratusan Polisi Jalani Tes Urine
Ratusan Polisi Jalani Tes Urine
A A A
GUNUNGKIDUL - Ratusan anggota polisi di jajaran Polres Gunungkidul melakukan tes urine. Acara dadakan ini dilaksanakan untuk antisipasi penyalahgunaan narkoba yang dilakukan anggota polisi.

Kapolres Gunungkidul AKBP Hariyanto mengungkapkan, usai upacara, pihaknya menggelar acara tes urine dadakan. Semua anggota polisi baik Polres dan Polsek usia apel pagi diminta naik ke lantai dua untuk menjalani pemeriksaan urine ini. ”Kami kerja sama dengan RS Bhayangkara Polda DIY,” katanya kepada wartawan, kemarin.

Diakui, pihaknya tidak memberitahukan sebelumnya kepada anggota. Dengan demikian, para anggota tidak bisa melakukan persiapan dan harus mengikuti tes urine dalam keadaan apa pun. "Pokoknya tanpa kecuali, semua harus dites," kata dia.

Dijelaskannya, sebelum para penegak hukum ini melakukan penindakan atas kejahatan ataupun penyalahgunaan narkoba, pihaknya ingin memulai dari internal kepolisian. Jangan sampai para polisi justru menggunakan narkoba. ”Padahal mereka mau melakukan razia narkoba, tapi kalau memakai sendiri, ini kan tidak benar. Jadi kami secara dadakan dan berkala akan melakukan tes urine untuk pengecekan internal kami,” katanya.

Panit Humas Polres Gunungkidul Ipda Ngadino mengungkapkan, dari catatannya, sebanyak 117 anggota polisi mengikuti tes urine tersebut. Namun demikian tidak ada satu anggota pun yang didapati mengonsumsi narkoba.”Hasilnya bagussemua. Tidak ada indikasi menggunakan narkoba,” ucapnya.

Suharjono
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6000 seconds (0.1#10.140)