Festival India Digelar di 15 Kota

Kamis, 15 Januari 2015 - 13:07 WIB
Festival India Digelar di 15 Kota
Festival India Digelar di 15 Kota
A A A
MEDAN - Guna mempererat hubungan antara India dan Indonesia, Pemerintah India melalui Duta Besar India dan Konsulat Jenderal India di Indonesia menggelar Festival of India mulai Januari hingga Mei 2015 di 15 kota di Indonesia, termasuk Kota Medan.

Festival of India bertajuk Sahabat India tersebut akan menghadirkan berbagai kegiatan seni India, seminar, promosi mal, pemutaran film dokumenter India, dan lainnya. “India dan Indonesia memiliki banyak persamaan budaya. Namun, apabila persamaan itu tidak dipupuk, akan pudar. Kegiatan Sahabat India merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan hubungan antardua negara,” ujar Konsul Jenderal India di Sumatera, Basir Ahmed, saat konferensi pers terkait Festival of India 2015 di Deli Hall, Medan Club, Jalan Kartini, Medan, kemarin.

Adapun rangkaian acara yang akan digelar di Festival of India, di antaranya pameran Buddha Carika di Indonesia Theravada Buddhist Center, Kompleks Cemara Asri, Medan pada 9-22 Maret 2015. Kemudian eksibisi Gujarati Garba di Unimed dan UISU pada 2-3 Februari 2015. Lalu, pertunjukan tari tradisional India, Karakattam Tamil Folk, di Unimed pada 24 Maret 2015.

Selanjutnya eksibisi monumen Islam di India yang akan digelar di Banda Aceh Mei 2015. “Selain memamerkan berbagai kesenian India, Festival of India juga akan menggelar pameran monumen Islam di India di Banda Aceh dan masih banyak kegiatan lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Konjen India di Sumatera, Ebiet Kurniawan, mengungkapkan, Festival of India tidak hanya mempromosikan budaya India dan mempromosikan wisata India, namun lebih mempererat hubungan orang per orang antardua negara. Untuk itulah, sebagian besar rangkaian acara Festival of India digelar di berbagai universitas di Kota Medan.

“Tujuan utama digelarnya festival ini untuk mempererat hubungan orang per orang antardua negara, bukan hanya sebagai ajang untuk mempromosikan wisata India. Untuk itu, kami menargetkan para generasi muda di Indonesia mengenal budaya India tersebut,” ungkapnya.

Ebiet Kurniawan menambahkan, selain di gelar di sejumlah kota di Sumatera, Festival of India juga digelar di Jakarta dan Bali. “Begitu juga dengan konferensi pers ini, digelar serentak di Jakarta, Bali, Medan, bahkan di New Delhi,” tandasnya.

Dicky Irawan
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6879 seconds (0.1#10.140)
pixels