Timbulkan Bau, Warga Kompleks TPAS Tuntut Kompensasi Kesehatan

Kamis, 15 Januari 2015 - 12:30 WIB
Timbulkan Bau, Warga Kompleks TPAS Tuntut Kompensasi Kesehatan
Timbulkan Bau, Warga Kompleks TPAS Tuntut Kompensasi Kesehatan
A A A
GUNUNGKIDUL - Puluhan warga Dusun Wukirsari, Baleharjo, Wonosari mulai tidak kuat dengan bau menyengat dari Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS). Bahkan kompensasi dari pemkab dengan layanan kesehatan tidak diterimanya.

Ketua RT 06, Dusun Wukirsari Sunardi mengungkapkan, saat musim hujan, ratusan warga langsung menghirup bau tidak sedap dari TPAS.

Selain itu, lalat juga langsung menyerang rumah warga. "Jelas kehidupan warga kami tidak sehat, baik dari bau dan juga lalat," ungkapnya kepada wartawan (15/1/2015).

Menurutnya, beberapa tahun yang lalu, pemkab pernah menjanjikan layanan pemeriksaan kesehatan gratis. Namun demikian, hingga kini kompensasi itu tidak kunjung diterima warga.

"Kami tidak pernah mendapatkan pemeriksaan kesehatan. Padahal kami berisiko dengan kesehatan, seringkali anak anak RT kami masuk rumah sakit lantaran pencemaran dari TPAS," timpalnya.

Hari ini, pihaknya akan membawa warga ke DPRD. Langkah ini dimaksudkan untuk menuntut kompensasi bagi ratusan warga yang tinggal di sekitar TPAS." Kami akan meminta ada kompensasi kesehatan," pungkasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1426 seconds (0.1#10.140)