KNKT Terima Serpihan Pesawat AirAsia QZ8501

Selasa, 13 Januari 2015 - 18:57 WIB
KNKT Terima Serpihan Pesawat AirAsia QZ8501
KNKT Terima Serpihan Pesawat AirAsia QZ8501
A A A
SEMARANG - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menerima penyerahan beberapa item pecahan pesawat AirAsia QZ8501 dari KRI Ahmad Yani. Serah terima dilakukan di Pelabuhan Tanjung Emas Kota Semarang, Selasa (13/1/2015), tempat KRI Ahmad Yani bersandar sejak Senin (12/1/2015).

Investigator KNKT Kapten Chaerudin menyebut serpihan yang diterima ini dikumpulkan dengan bagian-bagian lain. Sejauh ini proses pengumpulan masih dilakukan.

"Semua item ini penting, sebab saling melengkapi dengan bagian lain. Ini akan berguna saat analisa nanti," ungkapnya di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Idealnya, kata dia, semua item dikumpulkan di Jakarta. Namun, sepenuhnya belum bisa dilakukan. Sebab, penyerahan serpihan atau bagian pesawat lain juga dilakukan di lokasi lain, di antaranya di Surabaya.

Terkait black box, kata dia, bisa dibaca selama dua hari saja. Namun waktu yang lama akan dibutuhkan saat proses analisa. KNKT diberi waktu 12 bulan untuk melaporkan hasil penyelidikan.

"Sejak 17 Agustus 2009, KNKT sudah punya Lab Black Box. Ada tiga ahli, salah satunya wanita sedang sekolah di Belanda," lanjut dia.

Komandan KRI Ahmad Yani Letkol (P) M Riza mengatakan, aneka benda yang diserahkan ke KNKT ini merupakan temuan Kapal MV Swift Rescue berbendera Singapura pada hari Minggu lalu.

"Berdasar data koordinat, ditemukan sekitar radius 10 mil selatan perairan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Tiga item terkumpul di radius 5 mil, sedangkan 1 item ditemukan di radius 10 mil. Kami hanya menerima titipan dari Kapal MV Swift Rescue, karena misi KRI A Yani hanya mengirim lifting selam dan penyelam."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5902 seconds (0.1#10.140)